Kompas.com - 18/10/2021, 12:05 WIB
Rektor ITS Prof. Mochamad Ashari ketika menerima penghargaan juara KRI 2021 dari Rektor UGM Prof. Panut Mulyono. Tangkap layar laman ITSRektor ITS Prof. Mochamad Ashari ketika menerima penghargaan juara KRI 2021 dari Rektor UGM Prof. Panut Mulyono.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terus menorehkan prestasi baik di kancah nasional maupun internasional.

Termasuk di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021, ITS makin mengokohkan kehebatannya dalam bidang robotika.

Tahun 2021, ITS kembali menyabet predikat juara umum di ajang tersebut. Bahkan capaian ITS sebagai juara umum di KRI ini sudah keempat kalinya. ITS berhasil mempertahankan gelar juara umum sejak tahun 2018.

Ketua Dewan Juri KRI 2021 Prof. Benyamin Kusumoputro mengatakan, tim robotika ITS berhasil menyabet 10 predikat kemenangan dalam KRI 2021.

Baca juga: Anak Usaha Kimia Farma Buka Lowongan Kerja Lulusan D3, Yuk Daftar

ITS berlaga di 5 divisi perlombaan

"Kesepuluh kemenangan tersebut diraih lima tim unggulan robotika ITS, yakni tim RIOT, tim IRIS, tim ICHIRO, tim Vi-Ros, dan tim Rival ITS," kata Prof. Benyamin seperti dikutip dari situs resmi ITS, Minggu (17/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kontes robot berskala nasional yang diadakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ini, tim robotika ITS berlaga dalam lima divisi perlombaan.

Divisi pertama adalah Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) yang berlangsung lebih dulu tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2021 lalu. Pada divisi ini, tim robotika ITS diwakili oleh tim RIOT.

Baca juga: Dosen UGM Ungkap Cara Meningkatkan Produksi Ayam Kampung

Tim RIOT telah mengawali prestasi dengan berhasil menempati podium juara 1 nasional. Dengan demikian, tim RIOT dari ITS berhak mewakili Indonesia bertarung di ajang internasional ABU Robocon 2021 pada 12 Desember 2021 mendatang secara daring di Jimo, China.

ITS juga raih gelar Desain Terbaik dan Strategi Terbaik

Selain itu tim RIOT juga menyabet gelar robot Desain Terbaik sekaligus dinobatkan sebagai robot dengan Strategi Terbaik. Melalui prestasi tersebut, Tim RIOT ITS berhak membawa pulang Piala Sambawana, yakni piala bergilir yang diserahkan kepada pemenang KRAI.

"Dengan kemenangan ini, diharapkan, tim RIOT ITS dapat mengharumkan nama bangsa. Terutama ITS melalui unjuk diri di kancah internasional. Ini adalah prestasi yang sangat membanggakan untuk ITS," beber Rektor ITS Prof. Mochamad Ashari.

Baca juga: Jaga Kesehatan Mata, Seperti Ini Rekomendasi Screen Time pada Anak

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.