Kompas.com - 20/09/2021, 22:36 WIB
Rektor Uhamka, Prof. Gunawan Suryoputro saat membuka Pekan Ta'aruf (Peta) Uhamka untuk tahun ajaran 2021-2022 yang akan berlangsung 20-23 September 2021. DOK. UHAMKARektor Uhamka, Prof. Gunawan Suryoputro saat membuka Pekan Ta'aruf (Peta) Uhamka untuk tahun ajaran 2021-2022 yang akan berlangsung 20-23 September 2021.

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) menggelar pekan orientasi mahasiswa baru atau yang disebut "Pekan Ta'aruf (Peta) Uhamka" untuk tahun ajaran 2021-2022.

Peta Uhamka 2021 mengusung tema "Expanding Prophetic Generation to Lead Global Community" dan akan berlangsung 20-23 September 2021.

Dihadapan 3.774 mahasiswa baru, Prof. Gunawan Suryoputro menyampaikan, "Pekan Ta'aruf adalah hal sangat penting yang harus dilalui mahasiswa baru Uhamka untuk memastikan mereka memahami dengan baik bagaimana kehidupan civitas akademica di Uhamka."

Di samping itu, lanjut Prof. Gunawan, melalui "Peta Uhamka" ini mahasiswa baru wajib lebih dahulu membekali diri dengan memperkenalkan Islam dan kemuhammadiyahan.

"Acara ini juga penting untuk memastikan mahasiswa bagaimana kampus ini mendidik mereka untuk cerdas secara spiritual, intelektual, emosional dan sosial," ungkapnya.

Kegiatan "Peta Uhamka" yang dilaksanakan secara daring ini memiliki dampak positif di mana orangtua dapat intensif terlibat dalam internalisasi nilai. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hal ini kami lakukan untuk memberikan nilai-nilai Uhamka yang harus dimiliki mahasiswa agar memiliki integritas, memiliki trust dan memiliki kepedulian terhadap sesama," harap Prof. Gunawan.

Lebih jauh ia menjelaskan, sesuai tema, mahasiswa Uhamka harus menjadi generasi muda terbaik yang menanamkan misi risalah kenabian yakni panggilan untuk memperjuangkan kemanusiaan, dan juga transedensi atau beriman.

Misi kenabian, lanjut Prof. Gunawan, saat ini dihadapkan pada realitas global yang semakin kompleks sehingga dibutuhkan ilmu pengetahuan berdasarkan akal sehat dan hati yang suci.

"Oleh karena itulah, risalah kenabian yang menjadi visi Uhamka harus dijadikan referensi hidup dalam setiap aktivitas Catur Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan penelitian, pengabdian terhadap masyarakat, serta Al-Islam kemuhammadiyahan di Uhamka," pesan Rektor.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.