Kompas.com - 13/09/2021, 10:55 WIB
|

KOMPAS.com - Guna meningkatkan kompetensi lulusan, Universitas Sumatera Utara (USU) kembali menjalin kerja sama dengan Jepang.

Hal itu ditandai dengan kedatangan Konsul Jenderal Jepang, Takonai Susumu yang bertugas di Medan ke Universitas Sumatera Utara pada Jumat (10/9/2021).

Rektor USU, Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., dan para Wakil Rektor serta Staf Ahli menyambut kedatangan tersebut di Ruang Rapat Rektor.

Baca juga: Mahasiswa USU Jadi Duta Petani Milenial Kementan RI

Menurut Rektor USU, Jepang adalah salah satu mitra USU yang telah lama melakukan kerja sama. Selain itu, banyak dosen yang juga merupakan lulusan Jepang.

"Kita memikirkan bagaimana agar kerja sama dengan Jepang terus kita tingkatkan. Banyak dosen kita juga lulusan Jepang," ujar Muryanto seperti dikutip dari laman USU.

"Sehingga Jepang bukanlah orang baru bagi kita, melainkan mitra USU yang telah lama berjalan bersama," sebut Rektor USU.

Sektor pendidikan ditingkatkan

Sementara Takonai membawa pesan peningkatan kerja sama antara Pemerintahan Indonesia dan Pemerintahan Jepang melalui berbagai sektor, dan salah satunya adalah di sektor pendidikan.

Ia menyebutkan tugas yang dia emban ini memfokuskan kerja sama dengan instansi yang ada di Kota Medan.

Baca juga: Dosen USU Inovasi Ecoprint Daur Ulang Tumbuhan

"Saya baru ditempatkan sekitar tiga bulan di Medan. Amanah yang diberikan kepada saya adalah untuk meningkatkan kerja sama Indonesia dan Jepang di berbagai sektor, salah satunya di pendidikan. Oleh karena nya saya datang ke sini," terang Takonai.

Senada dengan hal itu, Muryanto Amin menyebutkan pihaknya saat ini sedang mengupayakan bantuan dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.