Kompas.com - 12/09/2021, 11:21 WIB
|

KOMPAS.com - Sebagai salah satu agen perubahan, mahasiswa harus bisa berinovasi. Bahkan dapat bermanfaat bagi sesama atau masyarakat.

Seperti yang dilakukan mahasiswa Magister Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB), Muhammad Erwin Amrullah.

Mahasiswa UB ini membuat aplikasi peta digital yang dirancang khusus untuk penyandamg tunanetra bernama UBblindmap.

Baca juga: Percepat Penyembuhan Luka, Mahasiswa UB Pakai Bahan Ini

Sesuai namanya UBblind map merupakan aplikasi berbasis peta wilayah UB yang nantinya akan release di Google Play Store dan bisa di-download oleh semua orang.

Pakai suara dan getaran

Menurut Erwin, aplikasi peta tersebut menggunakan suara dan getaran menyesuaikan cara komunikasi penyandang tunanetra yang membutuhkan indera peraba dan pendengaran.

Selain itu, fitur suara dan getaran ini berfungsi sebagai informasi saat diusap pada aplikasi, kemudian penyandang tunanetra akan mengetahui informasi pada aplikasi peta yang digunakan.

Aplikasi ini dirancang berdasarkan peta kawasan wilayah Universitas Brawijaya, lalu ditransformasi menjadi sebuah peta dan mempunyai fitur suara dan getaran.

"Tentu agar penyandang tunanetra bisa menggunakannya," ujar Erwin seperti dikutip dari laman UB, Jumat (10/9/2021).

Erwin dapat membuat aplikasi itu berkat bimbingan dari Dr. Sc. Fatwa Ramdani, S.Si, M.Sc dan Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T.

Dijelaskan, aplikasi peta tunanetra diinstal di sebuah tablet berukuran 10 inch untuk kemudian menjadi alat fasilitas pengenalan wilayah di kawasan Universitas Brawijaya.

Baca juga: Ini Cerita Hasan, Mahasiswa Berprestasi UNS yang Salah Pilih Jurusan

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.