KILAS

Berkat Inovasi "Zivar.IoT", Mahasiswa UNM Lolos Penyisihan Kompetisi IEEE YESIST12

Kompas.com - 03/09/2021, 16:33 WIB
Babak penyisihan IEEE YESIST12 Innovation Challenge Call for Projects for Preliminary Round. DOK. Humas UNMBabak penyisihan IEEE YESIST12 Innovation Challenge Call for Projects for Preliminary Round.

KOMPAS.comMahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) Ravi Zulfikar bersama Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) berhasil masuk babak penyisihan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) Youth Endeavours For Social Innovation Using Sustainable Technology (YESIST12) Innovation Challenge Call for Projects for Preliminary Round.

Ravi mengatakan, karya inovasi yang diberi nama Zivar.IoT tersebut merupakan temperature and humidity detection system using raspberry PI.

Alat tersebut berfungsi mendeteksi suhu dan kelembaban di suatu ruangan secara real time dan dapat dilihat melalui komputer atau perangkat mobile.

“Alat ini dapat membantu sebuah infrastruktur di ruang server untuk memonitor suhu ruangan,” jelas Ravi dalam keterangan tertulis yang diterima, Kompas.com, Jumat (3/9/2021).

Ravi mengatakan, saat kenaikan suhu di ruangan terjadi secara tiba-tiba, petugas bisa langsung mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan. Ini seperti memprediksi bencana dan manajemen risiko.

Baca juga: Mau Lulus Kuliah Langsung Kerja? Ini 10 Profesi Menjanjikan 4 Tahun Mendatang

“Dengan Zivar.IoT, kenaikan suhu dalam ruang server dapat terkendali dan mudah dipantau, jika memang terjadi kenaikan suhu secara tiba-tiba,” kata mahasiswa program studi (prodi) Informatika UNM tersebut.

Kepala NIC Ummu Radiyah yang juga mentor Zivar team mengatakan, Zivar.IoT memperoleh urutan oral presentation ke empat dari top 6 YESIST12 dengan total nilai 78 poin.

Oral presentation dimulai dengan 15 menit pertama mempresentasikan abstrak karya dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disampaikan oleh para juri,” terangnya.

Dia menuturkan, pada saat penjurian, salah satu juri tidak hanya bertanya, tapi juga memberikan saran dan masukan kepada Zivar team untuk memanfaatkan teknologi IoT.

“Masukan itu agar Zivar.IoT dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, seperti di bidang pertanian, dan bidang lainnya serta menambah sensor, tidak hanya 1 sensor saja,” paparnya.

Baca juga: Go International, Mahasiswa UNM Ini Masuk 10 Besar Talent Hunt Sparklers Summit 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.