Kompas.com - 30/08/2021, 12:54 WIB

KOMPAS.com – Setelah lulus sekolah menengah atas (SMA), apakah sudah memiliki keinginan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah?

Apabila Anda ingin menempuh pendidikan tinggi, maka memilih jurusan kuliah harus dipikirkan secara matang dari sekarang.

Sebab, memilih jurusan yang tepat sangat berpengaruh besar terhadap bidang pekerjaan Anda di masa depan.

Terlebih di masa pandemi Covid-19, penggunaan teknologi digital dalam kehidupan masyarakat semakin meningkat.

Baca juga: Ini Tips Gunakan Teknologi Digital Aman dan Sehat

Seiring dengan percepatan penggunaan teknologi digital, kondisi ini menyebabkan kebutuhan talenta di bidang teknologi juga kian mendesak. Utamanya di bidang seperti penggunaan robot dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

World Economic Forum (WEF) atau Forum Ekonomi Dunia telah menerbitkan sebuah laporan mengenai prediksi pekerjaan apa saja yang paling banyak dicari pada 2025.

Laporan WEF menyebutkan, sekitar 84 persen bisnis berencana untuk mempercepat digitalisasi dalam proses kerja dan penggunaan alat digital, seperti konferensi video.

Dari hasil laporan tersebut, WEF memperkirakan pada 2025, manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Baca juga: Menko PMK: Pemerintah Fokus Bangun SDM yang Mampu Kuasai Teknologi Digital

Dengan perkiraan itu, maka baik calon mahasiswa baru maupun lulusan sangat wajib meningkatkan skill agar dapat mengimbangi perkembangan teknologi.

Ingin tahu skill profesi apa saja yang dibutuhkan saat empat tahun mendatang?
Menurut WEF berikut 10 profesi yang diprediksi semakin bersinar pada 2025.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.