15 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021, UGM Bukan Ranking 8 tapi 2

Kompas.com - 27/08/2021, 06:07 WIB
10 PTS terbaik Juli 2020 versi webometrics KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo10 PTS terbaik Juli 2020 versi webometrics
|

KOMPAS.com - Belum lama ini, Webometrics kembali merilis ranking perguruan tinggi untuk edisi Juli 2021. Kali ini, Universitas Indonesia (UI) jadi universitas terbaik di Indonesia.

Selain UI dan PTN lain, ternyata banyak pula PTS yang masuk dalam pemeringkatan Webometrics. Jika diurutkan dalam 15 besar, ada 5 PTS yang masuk di dalamnya.

Namun informasi awal pada saat dirilis oleh Webometrics, Universitas Gadjah mada (UGM) berada di peringkat 8. Padahal, UGM seharusnya berada di ranking kedua usai UI.

Baca juga: UGM Jadi Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2021

Saat dihubungi Kompas.com, Kamis (26/8/2021), Rektor Universitas Gadjah mada (UGM) Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., menyatakan bahwa UGM berada di ranking kedua.

"Kemarin waktu awal-awal diumumkan pada Juli 2021, UGM berada diperingkat 8. Ternyata, Webometrics memberikan koreksi bahwa UGM ranking 2," ujarnya.

Menurut Prof. Panut, ada beberapa pengambilan data dari Webometrics yang kurang akurat. Kemudian setelah diklarifikasi, ternyata UGM berada di ranking 2.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir laman resmi Webometrics, terdapat beberapa indikator penilaian yang digunakan dalam pemeringkatan universitas, yakni:

1. Visibility impact atau web contents impact (bobot 50 persen) merupakan jumlah jaringan eksternal (subnets) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum).

2. Openness (bobot 10 persen) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar.

Baca juga: Fakultas Kedokteran UGM: Seperti Ini Cara Melawan Virus Corona

3. Excellence (bobot 40 persen) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks pada jurnal internasional bereputasi tinggi dengan sumber dari Scimago.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.