Kompas.com - 07/08/2021, 09:57 WIB
Ilustrasi belajar di rumah. PEXELS/JULIA M CAMERONIlustrasi belajar di rumah.
|

KOMPAS.com - Selama lebih dari setahun ini, semua masyarakat masih diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah akibat pandemi Covid-19.

Belajar, bekerja, beribadah semua dilakukan dari rumah. Meski di rumah, tetapi masyarakat harus tetap semangat dan tidak berdiam diri saja.

Meski demikian, berdiam diri di rumah bukan berarti tidak bisa menghasilkan sesuatu. Produktivitas harus tetap terjaga.

Baca juga: Akademisi Unpad: Keluarga Harus Manfaatkan Pekarangan Rumah

Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr. Ira Mirawati, M.Si., mengatakan, pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan untuk tidak produktif.

Sebab, seseorang akan kehilangan kesempatan jika tidak produktif selama pandemi. Bahkan bisa menjadi malas untuk melakukan sesuatu.

"Kalau pandemi tidak mengeset diri kita untuk produktif, kita akan bablas," ujar Ira saat menjadi pembicara pada acara Bincang Seru Radio 1.0 yang digelar Radio Unpad, Jumat (6/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena itu, bagi yang suka produktif, harus mempertahankan supaya diri kita tetap produktif," imbuh Ira seperti dikutip dari laman Unpad, Sabtu (7/8/2021).

Menurutnya, seseorang harus punya niat diri untuk bisa produktif. Jika niat sudah mantap, langkah selanjutnya adalah pikirkan apa yang bisa dihasilkan dan apa yang bisa diberikan, baik untuk diri sendiri maupun untuk sekitar.

Setelah itu, manfaatkan perangkat yang ada di sekeliling untuk mendukung niat tersebut. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur yang ada di gawai.

"Manfaatkan fitur yang ada, seperti kalender dan pengingat untuk menjaga keproduktifan kita tetap konsisten," tuturnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.