Kompas.com - 07/08/2021, 09:54 WIB

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) akan menggelar "Uhamka International Conference on Moderate Islam" (UICOMS) pada 18-19 Agustus 2021 bersamaan dengan momentum hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara yang diselenggarakan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK), dan Fakultas Agama Islam (FAI) bertujuan memperkuat  moderasi Islam di tingkat internasional.

“UICOMS ini merupakan sebuah sarana yang tepat dan penting untuk berbagi informasi yang bermanfaat terutama dalam dunia Internasional tentang moderasi Islam dalam berbagai aspeknya," jelas Bunyamin, Wakil Rektor IV Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Uhamka melalui rilis resmi (6/8/2021).

Bunyamin berharap, karya-karya dan penelitian dari para sarjana muslim dari berbagai bidang yang akan bergabung dalam konferensi ini akan dapat dibaca, presentasi, dan disebarluaskan.

"Sehingga wawasan moderasi Islam perlu terus dibumikan di Indonesia dan seluruh dunia sebagai usaha untuk mewujudkan misi Islam sebagai rahmat bagi sekalian alam,” tegasnya.

Baca juga: Milenial Berperan Penting Wujudkan Program Moderasi Beragama

Memperkuat moderasi Islam

Dalam konferensi Islam internasional ini, Uhamka mengangkat tajuk utama "Moderate Islam: Discourses and Practices".

UICOMS merupakan acara konferensi yang diadakan secara Internasional mengenai moderasi Islam dalam berbagai aspeknya.

Dalam konferensi ini, para peserta presenter yang tergabung akan saling presentasi dan berbagi pengetahuan dan penelitian mereka kepada partisipan yang lain. Setiap presenter yang tergabung harus memiliki satu artikel penelitian yang akan dipresentasikan dalam konferensi ini nantinya.

UICOMS sendiri bertujuan sebagai sarana berbagi wawasan tentang moderasi Islam melalui forum Internasional dalam berbagai bidang penelitian dan pengetahuan.

UICOMS 2021 mengangkat berbagai sub tema moderasi Islam dalam berbagai aspeknya, seperti; pendidikan, ilmu sosial dan budaya, isu jender dan keluarga, hukum dan hak asasi, islam dan teknologi, perspektif sejarah, isu politik dan keamanan, isu kesehatan, hingga ekonomi.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.