Kompas.com - 04/08/2021, 09:36 WIB
Ilustrasi tes PCR dan CT value ShutterstockIlustrasi tes PCR dan CT value
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik RSUI, Ardiana Kusumaningrum mengaku, CT value tidak menentukan kesembuhan pasien Covid-19.

CT value merupakan nilai yang keluar dari hasil test swab PCR yang mampu menunjukkan angka siklus suhu dan mampu mendeteksi materi genetik melalui sinyal yang masuk pada mesin.

Baca juga: Unair Tengah Kembangkan Vaksin demi Hadapi Pandemi Covid-19

Hasil dari CT value adalah bentuk kondisi positif atau negatif.

"Nah, nanti pada siklus ke berapa akhirnya berhasil kita temukan materi genetiknya, itulah yang dinamakan nilai CT value," ungkap dia melansir laman UI, Rabu (4/8/2021).

Ardiana menegaskan, hasil dari pemeriksaan PCR hanya menggambarkan kondisi dari sampel yang telah diambil dan tidak memperlihatkan jumlah virus keseluruhan yang terdapat pada tubuh pasien.

Tentunya, kata dia, sampel yang diambil dengan pemeriksaan PCR saluran nafas atas, bawah, atau bahkan di saluran pencernaan akan berbeda dengan jumlah virus yang terambil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menyebut, tantangan yang dihadapi para tenaga kesehatan dalam pemeriksaan PCR adalah apakah virus yang terdapat di dalam tubuh pasien berada pada tahap awal atau akhir.

"Informasi ini sangat penting untuk mencegah terjadinya risiko penularan Covid-19," ungkap dia.

Baca juga: Guru Besar UNY Ungkap Manfaat Olahraga Saat Pandemi Covid-19

Dia mengaku, pasien yang telah terinfeksi Covid-19 harus melakukan isolasi, baik melalui instalansi rumah sakit atau mandiri di rumah masing-masing.

Hal ini bertujuan agar virus yang terdapat di dalam tubuh pasien tidak menular kepada orang lain.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.