Kompas.com - 28/07/2021, 12:03 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Seorang psikolog sekaligus penulis, Daniel Goleman mengungkapkan bahwa manusia memiliki kecerdasan emosi (EQ) yang tersusun oleh lima kemampuan dasar.

Lima kemampuan itu yaitu kemampuan mengenali emosi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi diri sendiri, kemampuan untuk memotivasi diri, kemampuan untuk memahami emosi orang lain, dan keterampilan menjalin interaksi dengan orang lain.

Melansir laman platform edukasi Quipper, kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan untuk memahami, mengendalikan, dan mengevaluasi emosi.

Beberapa peneliti melaporkan bahwa kecerdasan emosional dapat dipelajari dan diperkuat, sementara ada yang mengklaim itu adalah karakteristik bawaan.

Baca juga: 10 Sarjana Tertua di Dunia, Bukti Pendidikan Tak Dibatasi Usia

Mengetahui tingkat kecerdasan emosi dinilai penting, karena kecerdasan tersebut memengaruhi kamu dalam bersosialisasi dengan orang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila tingkat EQ rendah, umumnya membuat seseorang kesulitan menjalankan hidup sebagai individu yang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Berikut sejumlah tanda kalau kamu memiliki kecerdasan emosi yang baik:

1. Memiliki keinginan untuk mengerti keadaan orang lain.

2. Penasaran dengan cara orang lain menjalani kehidupannya.

3. Sadar akan kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.