Kompas.com - 28/07/2021, 10:38 WIB
UTBK 2020 di UGM Dok. UGMUTBK 2020 di UGM

KOMPAS.com - Bagi siswa SMA, SMK sederajat, ada tiga jalur yang bisa kamu tempuh untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit.

Pertama melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.

Bila tak masuk SNMPTN, masih ada Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN.

Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri di mana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Meski seleksi penerimaan mahasiswa baru akan dimulai di awal tahun, mempersiapkan diri sejak dini dapat membuat kamu lebih siap dan percaya diri dalam memilih jurusan serta PTN pilihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merangkum laman Zenius Education, agar persiapan masuk PTN lancar, berikut tiga kesalahan yang perlu kamu hindari.

"Yuk simak kesalahan-kesalahan umum yang sering dijumpai selama persiapan masuk PTN! Kesalahan ini bisa kamu jadikan pelajaran biar makin siap hadapi seleksi masuk PTN, lho! Nah, persiapan kamu sudah sampai mana, nih?" tulis Zenius.

1. Baru belajar UTBK setelah SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan seleksi yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.

Kuota daya tampung setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20 persen (dua puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Baca juga: Cerita Ichsan Gagal SBMPTN 2 Kali hingga Lolos Masuk UGM

Namun, dengan kuota penerimaan hanya sekitar 20 persen, maka sebaiknya kamu tak hanya mengandalkan SNMPTN.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.