Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2021, 17:14 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono dikukuhkan sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2021-2022.

Dia akan melanjutkan tongkat kepemimpinan Prof. Arif Satria yang saat ini menjadi Rektor IPB. Arif menjabat sebagai Ketua Umum FRI periode 2020-2021.

Baca juga: Aksi Nyata UGM Bantu Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19

Pengukuhan dilaksanakan dalam Konferensi FRI 2021, Konvensi Kampus XXVII dan Temu Tahunan XXIII yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (27/7/2021) dengan UGM sebagai tuan rumah.

Pada kesempata itu, turut disampaikan pula Ketua FRI terpilih (elected) periode 2022-2023 yakni Rektor Universitas Airlangga, Prof. Mohammad Nasih.

Panut menyampaikan harapan perguruan tinggi dapat menjadi bagian dari solusi dalam menghadapi situasi yang penuh ketidakpastian.

Akademisi harus progresif dan berada di jajaran depan agar dapat memberikan jalan keluar bagi permasalahan bangsa.

"Melalui FRI ini mari bersama-sama kita bergerak secara kolaboratif agar potensi yang ada di masing-masing institusi kita bisa bersinergi sehingga dampaknya untuk kemajuan bangsa menjadi jauh lebih besar," ucap dia melansir laman UGM, Selasa (27/7/2021).

Dia mengatakan, pendidikan tinggi saat ini tengah menghadapi tantangan yang luar biasa.

Baca juga: Psikolog UGM Beri 5 Tips Atasi Stres Saat WFH

Pandemi Covid-19, bilang dia, mengakibatkan krisis di sektor kesehatan dan ekonomi.

Namun, di satu sisi wabah Covid-19 kian mempercepat disrupsi, masyarakat kini merasakan akselerasi adopsi teknologi digital.

Oleh karena itu, dia berharap lewat Forum Rektor Indonesia bisa menjadi pelopor, agar perguruan tinggi selalu inovatif untuk melihat sisi terang dari setiap persoalan yang dihadapi bangsa.

Selain itu, Forum Rektor Indonesia juga mengajak perguruan tinggi Indonesia untuk berpikir terbuka terhadap kompetisi.

Lalu, perguruan tinggi harus menjadi adaptif tanpa mengesampingkan nilai dan karakter dasar yang menjadi ciri khas pendidikan tinggi Indonesia.

"Kami mohon dukungan dan doa agar kita bisa menjadikan FRI ini sebagai sebuah rumah bersama yang senantiasa membuat kita progresif dalam menghadapi persoalan dan kolaboratif dalam memberikan solusi," jelas dia.

Sementara di tengah disrupsi dan perubahan yang terjadi secara cepat, dia mengaku, semua pihak harus bisa menyikapinya dengan inovatif.

Dengan begitu, perguruan tinggi Indonesia menjadi institusi yang adaptif dan tetap relevan.

Baca juga: Rektor UGM Soroti Kelangkaan Pasokan Oksigen

Nantinya, Panut Mulyono akan memimpin Forum Rektor Indonesia bersama wakilnya, yakni Maskuri Bakri yang merupakan Rektor Universitas Islam Malang (Unisma).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com