Kompas.com - 09/07/2021, 13:27 WIB
Kawasan kampus ITB. Dok. ITBKawasan kampus ITB.

KOMPAS.com - Mulai semester pertama Tahun Akademik 2021/2022, mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) bisa berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), dan begitu pula sebaliknya.

Dua perguruan tinggi negeri di Bandung tersebut menjalin kerja sama perkuliahan lintas kampus sebagai bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Untuk mengikuti program ini, seluruh mahasiswa tidak dipungut biaya.

Secara total, sekitar 1.000 mahasiswa ditargetkan akan terlibat dalam salah satu kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini.

Sementara pada berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, sebanyak 300-an mahasiswa dari kedua perguruan tinggi negeri ini akan terlibat.

Baca juga: Beasiswa Unggulan 2021 Kemendikbud untuk Mahasiswa S1-S3: Manfaat dan Cara Daftar

Direktur Pendidikan ITB, Arief Hariyanto mengatakan kerja sama akademik ini diharapkan ITB dan Unpad dapat memberikan nilai tambah kepada mahasiswa agar mendapatkan bidang ilmu di luar kompetensi inti program studi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Melalui kerja sama akademik ini diharapkan ITB dan Unpad dapat memberikan nilai tambah kepada mahasiswa agar mendapatkan bidang ilmu di luar kompetensi inti program studi mereka, sekaligus memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar berkolaborasi,” papar Arief seperti dirangkum dari laman ITB, Jumat (9/7/2021).

Mahasiswa dapat memilih mata kuliah

Dalam program yang akan mulai dilaksanakan pada semester pertama tahun akademik 2021/2022 mendatang ini, mahasiswa ITB dan Unpad dapat memilih mata kuliah yang ditawarkan masing-masing kampus.

“Pada semester 1 2021/2022 ITB menawarkan 82 mata kuliah yang dapat dipilih oleh mahasiswa Unpad, sementara Unpad sudah menginventarisir 111 mata kuliah untuk mahasiswa ITB,” kata Dr. Arief.

Baca juga: Ikut Kampus Mengajar Angkatan 2, Mahasiswa Dapat Rp 1,2 Juta Per Bulan

Menurut Arief, dalam pelaksanaan program kerja sama akademik ini mahasiswa Unpad akan terdaftar sebagai mahasiswa nonreguler ITB dan demikian pula sebaliknya.

Setelah perkuliahan, mahasiswa ITB akan mendapatkan transkrip nilai dari Unpad yang dilaporkan kepada program studi untuk mendapatkan pengakuan dari ITB melalui mekanisme transfer kredit.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.