Kompas.com - 05/06/2021, 21:38 WIB
Ayam cemani jantan di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. heru dahnur/kompas.comAyam cemani jantan di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.
|

KOMPAS.com - Salah satu hewan ternak yang mudah ditemukan adalah ayam. Ayam juga menjadi salah satu komoditas yang dibutuhkan masyarakat baik daging maupun telurnya.

Karena peluang usahanya yang luas, banyak orang berternak ayam petelur, ayam pedaging hingga ayam kampung.

Tapi tahukah kamu bahwa ada satu jenis ayam yang berwarna serba hitam. Mulai dari bulu, paruh, lidah, kaki, tulang bahkan dagingnya juga berwarna hitam.

Ayam cemani merupakan ayam asli Indonesia yang warna bulu, tulang dan dagingnya berwarna hitam.

Baca juga: Kerja Sama 9 Perguruan Tinggi Seni Indonesia, Ini Deretan Manfaatnya

Ayam cemani banyak dibudidaya

Karena keunikannya, banyak orang membidudiayakan ayam cemani. Baik untuk dikoleksi maupun sebagai sebuah bisnis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan bisnis usaha ayam ini menghasilkan omzet yang menggiurkan. Selain bisa dijadikan koleksi, daging ayam cemani juga bisa dimakan lho.

Daging ayam cemani juga mengandung banyak kalsium dan mineral diperlukan oleh tubuh. Menurut penelitian, daging ayam cemani lebih banyak mengandung hemoglobin dibandingkan ayam kampung biasa. Sehingga daging ayam cemani sangat baik dikonsumsi ibu hamil.

Baca juga: Pakar Unair: Jaringan 5G dan Pemerataan Internet Jadi Hal Penting

Penyebab warna hitam pada ayam cemani

Dilansir dari akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyatakan, dalam bahasa Sansekerta kata cemani berarti hitam legam.

"Meskipun ayam cemani berwarna hitam legam, ternyata telurnya tetap berwarna putih, loh. Bagaimana bisa? Yuk, cermati penjelasan berikut!," tulis admin Kemendikbud Ristek seperti dikutip, Sabtu (5/6/2021).

Berdasarkan penelitian Ben Dorhorst, ahli genetika dari Universitas Uppsala Swedia, warna hitam legam ayam cemani disebabkan oleh kondisi genetik unik yang disebut fibromelanosis atau hiperpigmentasi kulit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.