Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakultas Teknik UGM Buka Prodi Ini, Prospek Kerjanya Terbuka Lebar Lho

Kompas.com - 03/06/2021, 18:10 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi para siswa kelas 12 atau calon mahasiswa, ada banyak sekali program studi di jenjang perguruan tinggi yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan.

Prodi yang ada di jenjang S1 ini bisa dipilih sesuai bakat dan minat kamu selama berada di bangku sekolah. 

Jika kamu bercita-cita masuk Universitas Gadjah Mada (UGM), mulai tahun 2021, melalui Ujian Tulis UGM (UTUL) 2021 Fakultas Teknik UGM menerima mahasiswa untuk program studi sarjana Teknik Infrastruktur Lingkungan.

Prodi ini termasuk prodi baru yang berad di bawah nauangan Fakultas Teknik.

Dilansir dari laman ft.ugm.ac.id, program studi ini berkomitmen melaksanakan visi untuk menjadi program studi berkelas dunia berbasis kearifan lokal yang mengedepankan sumber daya manusia dan sumber daya alamnya.

Baca juga: Berikut Rincian Biaya Kuliah Jalur Mandiri di UPN Veteran Jakarta

Prodi baru di UGM, Teknik Infrastruktur Lingkungan

Selain itu prodi ini diharapkan bisa menghasilkan lulusan unggul dalam pengembangan infrastruktur lingkungan.

Dalam mewujudkan visi tersebut, prodi ini menetapkan misi menghasilkan lulusan yang berintegritas, profesional, kreatif, inovatif, bermoral dan tanggap terhadap lingkungan.

Selain itu juga berwawasan ketekniksipilan, serta siap berkiprah dalam pembangunan infrastruktur lingkungan dan siap berkompetisi di tingkat dunia.

Kondisi eksternal melatarbelakangi pendirian program studi ini, diantaranya pemerintah Indonesia meluncurkan gerakan 100-0-100, yakni 100 persen akses air minum – 0 persen luas kawasan kumuh perkotaan – 100 persen akses sanitasi.

Baca juga: Kenali 9 Kecerdasan Majemuk Menurut Pakar Harvard University

Pemenuhan target Sustainable Development Goals khususnya tujuan nomor 3, 6, 11, 13 dan 15 mengharuskan pengembangan infrastruktur air minum, sanitasi, drainase dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan.

Sementara itu, salah satu faktor internalnya yaitu Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM telah memiliki rekam jejak yang panjang dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang infrastruktur lingkungan.

Baca juga: EWS Ciptaan Peneliti UGM Efektif Deteksi Gempa, Begini Cara Kerjanya

Prospek kerja

Alumni dari program studi ini akan berkiprah dalam berbagai bidang, antara lain:

1. Pembangunan infrastruktur penyediaan air minum.

2. Pengelolaan sanitasi lingkungan (pengelolaan air limbah dan sampah).

3. Drainase.

4. Pengendalian pencemaran udara dan permasalahan lingkungan.

Baca juga: Ini Manfaat Panduan Pembelajaraan Saat Pandemi bagi Guru

Pendaftaran pada program studi ini dapat dilakukan melalui ujian tulis 2021 di um.ugm.ac.id. Demikian informasi mengenai prodi baru yang ada di UGM yaitu Teknik Infrastruktur Lingkungan. Calon mahasiswa bisa memilih prodi ini untuk melanjutkan pendidikan di jenjang S1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com