Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UAJY dan 5 Kampus Lain Ikuti Vaksinasi Covid-19 Tahap 2

Kompas.com - 20/05/2021, 17:10 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program vaksinasi Covid-19 terhadap guru dan tenaga kependidikan diharapkan bisa mempercepat pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah maupun perguruan tinggi.

Pembelajaran tatap muka penting dilakukan karena pembelajaran daring yang dilakukan selama pandemi Covid-19 dinilai kurang efektif.

Sesuai kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Riset), pembelajaran tatap muka merupakan opsi wajib yang harus dilakukan satuan pendidikan dengan catatan tenaga pendidik telah mendapatkan vaksin lengkap.

Setelah melakukan vaksinasi tahap pertama, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) melakukan vaksinasi tahap kedua.

Baca juga: Masih Ada Kesempatan Dapatkan Buku dari Nadiem Makarim, Simak Caranya

5 perguruan tinggi di Yogyakarta ikuti vaksinasi massal

Dosen dan karyawan beberapa perguruan tinggi lainnya di Yogyakarya juga mengikuti vaksinasi massal ini.

Yakni, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), Universitas Proklamasi 45 (UP 45), Stikes Wira Husada, serta Poltekkes BSI mengadakan vaksinasi massal Covid-19 tahap II di Gedung Thomas Aquinas UAJY, Rabu (19/5/2021).

Vaksinasi massal tahap II ini diikuti oleh lebih kurang 1.200 peserta terdiri dari dosen, karyawan, dan purna tugas dari lima perguruan tinggi.

Selain itu sebanyak lebih kurang 150 warga lansia di Dusun Kledokan dan Tambakbayan Babarsari, juga turut disertakan sebagai penerima vaksin.

salah satu dosen UAJY Indah Murwani mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal sejak tahap I hingga tahap II berjalan dengan lancar.

Baca juga: Ini Alasan Orang Mudah Marah Saat Pandemi Menurut Pakar UGM

Peserta dan panitia selalu mengikuti protokol kesehatan selamam program vaksinasi. Selain itu vaksinasi juga dilakukan oleh petugas medis profesional.

"Lebih menarik lagi, ada photobooth yang mendukung peserta jika ingin berbagi kenangan selama vaksin," ujar Indah seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (20/5/2021).

Diharapkan bisa memutus penyebaran Covid-19

Kegiatan vaksinasi massal ini sebagai upaya perguruan tinggi untuk menyukseskan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.

Baca juga: Pakar IPB Bagikan Tips Merawat Kucing bagi Pemula

Sehingga diharapkan dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 serta membentuk herd immunity.

Dengan melaksanakan vaksinasi ini, harapannya universitas sebagai lembaga pendidikan dapat lebih siap dan optimal dalam memberikan pelayanan bagi para mahasiswa.

Indah berharap, setelah mendapatkan vaksin, semua dosen bisa melayani mahasiswa dengan tidak ragu-ragu, tidak menjadi penyebab dari penyebaran virus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com