Kompas.com - 15/05/2021, 11:31 WIB
Suasana kampus Universitas Brawijaya, Kota Malang, Rabu (17/7/2019) KOMPAS.com/ANDI HARTIKSuasana kampus Universitas Brawijaya, Kota Malang, Rabu (17/7/2019)

KOMPAS.com - Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya (UB) menerima pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur prestasi.

Pendaftaran dibuka mulai 3 Mei lalu melalui laman https://admisi.ub.ac.id

Terdapat persyaratan khusus bagi calon Maba yang akan mendaftar, bagi pendaftar prestasi akademik maka calon maba harus memiliki nilai rapor minimal 7,5 per semester mulai dari semester 1-5.

Baca juga: Universitas Negeri Surabaya Buka 10 Jalur Mandiri 2021

Sementara prestasi non akademik, calon maba merupakan peraih peringkat atau juara 1, 2 dan 3 dalam bidang minat bakat olahraga, kesenian, keterampilan, keagamaan, dan kompetisi mata pelajaran seperti olimpiade matematika, cerdas cermat, karya tulis, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, UB juga memberikan ruang bagi pendaftar yang memiliki kemampuan menghafal Al Qur’an (hafidz dan hafidzah Al Qur’an).

Poin yang diperoleh calon maba jalur prestasi non akademik ini akan dikombinasikan dengan perolehan nilai sekolah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada tahun ini, Vokasi UB akan menerima sekitar 1.200 maba D4 dan D3 dari berbagai jalur.

Penjaringan maba D4 dilakukan dengan tiga jalur yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Sedangkan program D3 dilakukan melalui jalur prestasi dengan prosentase penerimaan 30 persen dari total pendaftar, mandiri UB sebesar 40 persen, dan mandiri Vokasi sebesar 30 persen.

Direktur Pendidikan Vokasi Prof. Unti Ludigdo, menjelaskan skema ini ditentukan berdasarkan pada kapasitas masing-masing prodi dan pengalaman tahun sebelumnya yang disesuaikan dengan jumlah peminat terbanyak dan keterserapan lulusan di dunia kerja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X