Kompas.com - 12/05/2021, 12:10 WIB
Ilustrasi mahasiswa Dok. PixabayIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Ada 10 jalur masuk di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk seleksi jalur mandiri di Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) untuk program Sarjana dan Vokasi tahun akademik 2021/2022.

Ada 7 fakultas dan 64 prodi sarjana (S-1) serta 10 program sarjana terapan yang bisa peserta pilih di Unesa. Sementara jalur masuk yang disiapkan Unesa tahun ini, ada 10 jalur masuk yang bisa dimanfaatkan.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof, Bambang Yulianto, menjelaskan, jalur SPMB Unesa secara umum ada dua yakni jalur nontes dan jalur tes.

Untuk jalur nontes, calon mahasiswa bisa mendaftar melalui jalur UTBK nasional, prestasi keagamaan, prestasi olahraga, prestasi seni, kepemimpinan, dan disabilitas. Selain itu juga ada jalur beasiswa luar negeri (LN) dan kerja sama Pemkot/Kab/Prov.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

Sementara itu, untuk jalur tes yakni ada jalur tes masuk Unesa berbasis komputer (TMUBK) dan jalur D4/sarjana terapan. Melansir dari laman unesa.ac.id, ini 10 jalur masuk yang bisa dipilih:

Jalur nontes UTBK

Bagi peserta yang telah mengikuti dan memperoleh nilai UTBK tahun 2021, tetapi belum diterima di jalur SBMPTN, bisa mendaftar jalur ini menggunakan nilai UTBK. Adapun syaratnya:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Warga negara Indonesia
  • Lulus SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 yang dibuktikan dengan ijazah atau surat keterangan lulus
  • Peserta boleh memilih dua prodi, baik kelompok Saintek maupun Soshum.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: Unpad, Unair, ITS

Jalur prestasi keagamaan

Unesa juga memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik dan berprestasi dalam bidang keagamaan lewat jalur prestasi keagamaan. Adapun prestasi keagamaan yang dimaksud yaitu:

  • Jalur pesantren
  • Jalur tahfidz
  • Jalur MTQ
  • Prestasi Keagamaan Kristen, Katholik, Hindu, Budha, atau Konghucu yang diberikan untuk peserta yang memiliki prestasi bidang keagamaannya masing-masing yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan rekomendasi dari organisasi keagamaan

Jalur prestasi olahraga

Calon mahasiswa yang memiliki prestasi bidang olahraga baik juara 1, 2 atau 3 di tingkat kabupaten/kota/provinsi/nasional/internasional bisa mencoba di jalur prestasi olahraga. Jalur ini dibagi dua kategori, yakni ada yang bebas memilih prodi dan khusus prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO).

Jalur prestasi seni

Tidak ketinggalan, putra-putri terbaik dan berprestasi atau juara 1, 2 dan 3 di bidang seni tingkat provinsi/nasional/internasional pun disiapkan jalur khusus oleh Unesa lewat jalur ini.

Baca juga: Ini Prospek Kerja bagi Kamu yang Kuliah di Bidang Kuliner

Jalur prestasi kepemimpinan

Bagi lulusan SMA/SMK/MA/paket C atau sederajat dan memiliki surat keputusan atau sertifikat OSIS sebagai ketua/wakil/sekretaris dari kepala sekolah yang diperkuat dengan surat atau sertifikat kepemimpinan lain, bisa mencoba jalur yang satu ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X