Kompas.com - 26/04/2021, 08:21 WIB
GUNAKAN HT—Nampak guru SDN 1 Balerejo, Kecamatan Kebonsari, Anifatul Maghfirullah menggunakan sarana HT untuk memberikan pelajaran dan tugas bagi siswa-siswi yang tak mampu membeli kuota internet. KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWIGUNAKAN HT—Nampak guru SDN 1 Balerejo, Kecamatan Kebonsari, Anifatul Maghfirullah menggunakan sarana HT untuk memberikan pelajaran dan tugas bagi siswa-siswi yang tak mampu membeli kuota internet.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Di era modern seperti saat ini, guru dan tenaga kependidikan harus bisa mengoptimalkan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Meski Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah diperbolehkan dengan sejumlah syarat, satuan pendidikan juga wajib memberikan opsi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi siswanya.

Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar bimbingan teknis penggunaan dan pemanfaatan peralatan TIK bagi para guru.

Koordinator Fungsi Sarana dan Prasarana Direktorat Sekolah Dasar Khairullah menerangkan, pihaknya telah menghadirkan beberapa Google Master Trainer untuk melatih para guru menggunakan chromebook untuk pembelajaran.

Baca juga: Ajak Siswa Kreatif, Pelajaran Menggambar Harus Merdeka dan Bebas

Optimalkan TIK

Menurutnya, dengan memanfaatkan TIK, proses belajar mengajar bisa lebih menarik dan efektif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Guru di era digital ini harus bisa memanfaatkan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh ataupun tatap muka akan lebih menarik dengan memanfaatkan TIK,” terang Khairullah seperti dikutip dari laman Direktorat SD Kemendikbud, Minggu (25/4/2021).

Menurut Khairullah, chromebook yang diberikan pemerintah kepada sekolah penerima bantuan dapat menjalankan berbagai perangkat lunak yang sangat bermanfaat untuk pembelajaran.

Baca juga: Direktorat SMP: Keberadaan UKS Dukung Pelaksanaan Tatap Muka Terbatas

Misalnya Google Workspace For Education yang di dalamnya ada tool Google Docs, Google Sheets, Google Slides dan Google Drive.

Beberapa program ini juga memiliki keunggulan masing-masing, yakni:

1. Google Docs

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.