Kompas.com - 17/04/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi Jawa Barat - Tempat wisata Kawah Putih di Kabupaten Bandung. SHUTTERSTOCKIlustrasi Jawa Barat - Tempat wisata Kawah Putih di Kabupaten Bandung.

KOMPAS.com - Kalau ke daerah yang menggunakan Bahasa Sunda, pasti familiar dengan kata 'aing'.

Bahkan di banyak media sosial, kata aing sering kali diucapkan warganet. Tapi jangan asal ikut-ikutan menggunakan aing jika bertemu orang Sunda.

Memang, kata ini sudah banyak digunakan penutur bahasa di luar bahasa Sunda sebagai kata ganti pertama menggantikan 'gua'. Penggunaan aing dalam bahasa Indonesia ragam percakapan menimbulkan perdebatan.

Namun, kata ini dalam tatakrama bahasa Sunda termasuk ke dalam jenis bahasa kasar.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Menyikapi fenomena kebahasaan tersebut, Dosen Program Studi Sastra Sunda Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (Unpad) Gugun Gunardi menjelaskan fenomena ini.

Ia mengatakan, kata aing boleh digunakan penutur bahasa Sunda maupun di luar Sunda selama konteks komunikasi dilakukan dengan penutur lain yang berusia sama.

Walau secara tingkatan bahasa kata aing termasuk kasar, kata sapaan ini kerap digunakan penutur bahasa Sunda untuk menjalin percakapan standar.

Bahkan, aing bisa digunakan untuk percakapan dengan teman sebaya sebagai ungkapan candaan atau hiburan.

"Dalam bahasa Sunda, selama penggunaannya tidak mementingkan tingkat tutur bahasa menjadi tidak masalah," tambahnya, dilansir dari laman unpad.ac.id.

Gugun pun memandang positif penggunaan kata aing dalam percakapan bahasa Indonesia. Menurutnya, setiap bahasa dipengaruhi oleh bahasa lainnya.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X