Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2021, 14:07 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro (UNDIP) Tahun Akademik 2021/2022 melalui jalur Ujian Mandiri (UM) akan dibuka pendaftarannya mulai 19 April sampai 17 Mei 2021.

Jalur penerimaan ujian mandiri, Undip mendapat alokasi yang cukup besar, yakni 5.089 mahasiswa baru.

Baca juga: Prof Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Favoritnya Psikologi Undip

Besarnya kuota jalur UM tentu saja memberi peluang lebih besar bagi para calon mahasiswa untuk bisa diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada di Semarang.

"Penjaringan mahasiswa baru berdasarkan keputusan rektor Undip tentang penetapan daya tampung mahasiswa baru program Sarjana (S1) tahun 2021/2022," ucap Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Budi Setiyono melansir laman Undip, Kamis (15/4/2021).

Dia mengaku, sebagai lembaga berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), Undip mengambil kebijakan dengan mengalokasikan 50% dari total mahasiswa yang diterimanya melalui jalur UM.

Sedangkan separuh mahasiswa lainnya dijaring melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yakni sebanyak 20 persen. Lalu, lewa Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 30 persen.

"Adapun dasar kebijakan tersebut adalah Pasal 6 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020," ungkap dia.

Di tahun akademik 2021/2022, bilang dian, Undip menerima program S1 sebanyak 10.190 mahasiswa baru.

Rinciannya, melalui jalur SNMPTN sebanyak 2.038 mahasiswa, jalur SBMPTN sebanyak 3.063 orang, dan jalur Ujian Mandiri (UM) sebanyak 5.089 orang.

Baca juga: Ketua LTMPT: Tidak Ada Potensi Kecurangan di UTBK-SBMPTN 2021

Dalam konteks jalur mandiri juga terbagi dalam dua program, yakni sebanyak 4.686 mahasiswa baru lewat jalur UM regular dan 403 mahasiswa UM jalur International Undergraduate Program (IUP).

Pelu diketahui, IUP adalah kuliah dalam kelas khusus yang memakai Bahasa Inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan di kampus.

Tidak gunakan hasil UTBK

Budi menegaskan, sistem penerimaan mahasiswa baru Undip melalui jalur mandiri tidak menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai dasar penerimaanya.

Namun mengkombinasikan nilai ujian online dengan portofolio dari calon mahasiswa.

"Untuk ujian online akan diselenggarakan 10 hari, mulai tanggal 21 Juni sampai dengan 3 Juli 2021, di mana setiap sesinya akan dilakukan tiga kali," ujarnya.

Materi ujian online, sebut dia, terdiri dari tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TPA). Ujian ini dilakukan melalui portal yang dimiliki UNDIP dengan pengawasan secara ketat melalui Zoom.

Nilai portofolio yang dimaksud adalah nilai prestasi siswa selama belajar di sekolah (SMA, SMK dan sederajat), dari semester 1 sampai dengan 6.

Lalu, ditambah dengan pengetahuan umum mengenai wawasan kebangsaan.

Baca juga: Calon Mahasiswa, 5 Alasan UTBK 2021 Itu Sangat Penting

"Hasil tes akhir akan diolah oleh panitia UM Undip dan akan diumumkan diterima atau tidaknya pada tanggal 7 Juli 2021 mendatang," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com