Kompas.com - 15/04/2021, 14:07 WIB
Undip KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAUndip
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro (UNDIP) Tahun Akademik 2021/2022 melalui jalur Ujian Mandiri (UM) akan dibuka pendaftarannya mulai 19 April sampai 17 Mei 2021.

Jalur penerimaan ujian mandiri, Undip mendapat alokasi yang cukup besar, yakni 5.089 mahasiswa baru.

Baca juga: Prof Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Favoritnya Psikologi Undip

Besarnya kuota jalur UM tentu saja memberi peluang lebih besar bagi para calon mahasiswa untuk bisa diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada di Semarang.

"Penjaringan mahasiswa baru berdasarkan keputusan rektor Undip tentang penetapan daya tampung mahasiswa baru program Sarjana (S1) tahun 2021/2022," ucap Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Budi Setiyono melansir laman Undip, Kamis (15/4/2021).

Dia mengaku, sebagai lembaga berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), Undip mengambil kebijakan dengan mengalokasikan 50% dari total mahasiswa yang diterimanya melalui jalur UM.

Sedangkan separuh mahasiswa lainnya dijaring melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yakni sebanyak 20 persen. Lalu, lewa Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 30 persen.

"Adapun dasar kebijakan tersebut adalah Pasal 6 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020," ungkap dia.

Di tahun akademik 2021/2022, bilang dian, Undip menerima program S1 sebanyak 10.190 mahasiswa baru.

Rinciannya, melalui jalur SNMPTN sebanyak 2.038 mahasiswa, jalur SBMPTN sebanyak 3.063 orang, dan jalur Ujian Mandiri (UM) sebanyak 5.089 orang.

Baca juga: Ketua LTMPT: Tidak Ada Potensi Kecurangan di UTBK-SBMPTN 2021

Dalam konteks jalur mandiri juga terbagi dalam dua program, yakni sebanyak 4.686 mahasiswa baru lewat jalur UM regular dan 403 mahasiswa UM jalur International Undergraduate Program (IUP).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X