Kompas.com - 05/04/2021, 11:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dampak pandemi Covid-19 terhadap kesehatan mental perlu diwasapadai. Dampak psikologis pandemi ini dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak-anak.

"Kita tidak bisa menyatukan akibat atau dampaknya ini pada anak dan pada orang tua. Ini akan sangat berbeda," ucap Guru Besar Fakultas Psikologi Unpad Hendriati Agustiani melansir laman Unpad, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Pakar Unpad: Vaksinasi Covid-19 Harus Diberikan ke Orang Sehat

Dia menuturkan, salah satu persoalan besar yang muncul dari pandemi adalah tercabutnya rutinitas. Hal tersebut dapat menurunkan motivasi.

"Itu yang membuat persoalan cukup besar, baik untuk anak-anak maupun untuk orang tua," ujar dia.

Berdasarkan hasil penelusuran literatur dampak pandemi Covid-19 di berbagai negara, anak merasakan adanya ketidakpastian, ketakutan, dan terisolasi selama pandemi.

Kegiatan belajar dan bermain terus menerus di rumah juga berkaitan dengan ketidakpastian dan kecemasan. Hal ini diakibatkan pembatasan aktivitas fisik dan bersosialisasi di sekolah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Layaknya manusia merupakan makhluk sosial biasanya sangat perlu bersosialisasi. Sementara sekarang semua geraknya dibatasi. Itu sebetulnya yang membuat anak-anak merasa cemas, merasa takut, merasa tidak nyaman," ucapnya.

Rutinitas anak juga dapat terganggu karena tidak adanya kegiatan yang terstruktur seperti di sekolah.

Anak-anak pun menjadi lebih irritable, clingy, mencari perhatian, dan lebih dependen kepada orangtua.

Baca juga: Pakar Hukum Unpad: Pengguna Internet Indonesia Harus Jaga Etika

"Artinya, relasi yang terbangun betul-betul dengan orangtua lebih banyak dibandingkan dengan teman sebaya dan dengan lingkungan sekolah," sebut dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.