Kompas.com - 26/03/2021, 08:33 WIB
Undip KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAUndip

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah berakhir saat pengumuman resmi awal pekan ini.

Bagi calon mahasiswa yang belum berhasil lolos SNMPTN 2021, masih ada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota sebesar 30 persen dari jumlah total daya tampung suatu PTN. Serta jalur seleksi mandiri yang menyediakan daya tampung hingga 50 persen.

Salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Jawa Tengah yang diserbu peserta SNMPTN 2021 yakni Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Total ada 2.106 calon mahasiswa yang berhasil lolos di Undip.

Dari puluhan program pendidikan (prodi) yang dimiliki Undip, ada 9 prodi yang peminatnya membludak pada SNMPTN 2021. Melansir akun Instagram Universitas Diponegoro @undip.official, berikut 9 jurusan favorit di SNMPTN 2021.

Baca juga: 25 Jurusan UI Paling Diminati di SBMPTN 2020

1. Psikologi (Fakultas Psikologi)

Menghimpun dari laman undip.ac.id, program studi S1 Psikologi menjadi program studi terfavorit pada SNMPTN tahun ini dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.750 peserta.

Sedangkan di jalur SBMPTN 2021, Psikologi mempunyai daya tampung sebanyak 108 kursi. Sedangkan peminatnya di SBMPTN 2020 sebanyak 3.538.

Banyak faktor yang membuat psikologi jadi pilihan, diantaranya adalah branding aktif dan cerdas yang mampu menarik minat tinggi calon mahasiswa.

Dekan Fakultas Psikologi Undip, Prof. Dian Ratna Sawitri mengatakan, Fakultas Psikologi Undip memiliki program studi S1 Psikologi dan S2 Psikologi yang didukung 38 dosen dan 35 tenaga kependidikan. Fakultas Psikologi Undip bertekad untuk mencetak lulusan handal yang siap bersaing di dunia kerja.

Kualifikasi lulusan S1 Psikologi Undip meliputi konselor, asesor, peneliti, pendidik, pelaku usaha mandiri dan ekonomi kreatif, pemimpin, trainer atau fasilitator, konsultan, pengembang program, asisten psikolog, serta praktisi pemasaran dan hubungan masyarakat.

Baca juga: KIP Kuliah untuk SBMPTN 2021: Cara Daftar dan Besar Dana Bantuan

2. Kedokteran (Fakultas Kedokteran)

Kedokteran menjadi jurusan paling favorit di peringkat kedua. Dalam SBMPTN 2020, peserta yang memilih Kedokteran sebanyak 2.557 orang. Sedangkan daya tampung 2021 sebesar 66 kursi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X