Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Prodi Akuakultur dan Prospek Kerjanya? Begini Kata Dosen Undip

Kompas.com - 15/03/2021, 12:11 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih memiliki waktu untuk mempertimbangkan program studi (prodi) apa yang akan dipilih. Proses pendaftaran UTBK SBMPTN akan dimulai 15 Maret hingga 1 April 2021  mendatang.

Selain mengetahui daya tampung prodi dan peminatnya, ilmu yang dipelajari hingga peluang kerja setelah lulus juga perlu diketahui.

Di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan (FPIK) memiliki sejumlah prodi di jenjang S1.

Mulai dari Akuakultur, Manajemen Sumber Daya Perairan, Perikanan Tangkap, Ilmu Kelautan, Oseanografi dan Teknologi Hasil Perikanan.

Baca juga: Ikut Kampus Mengajar, Mahasiswa Dapat Uang Saku Bulanan dan Bantuan UKT

Ilmu yang dipelajari di prodi Akuakultur

Ilmu yang dipelajari dalam prodi Akuakultur lebih luas dari studi Perikanan. Selain mempelajari potensi perikanan laut maupun tawar dan payau, mahasiswa Akuakultur juga dibekali pengetahuan tentang aktivitas banyak hal. Antara lain:

1. Pemeliharaan

2. Penangkaran

3. Pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar. Seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan sebagainya.

Ketua Departemen Akuakultur yang juga Ketua Program Studi (Prodi) S1 Akuakultur FPIK Undip Sarjito menerangkan, meski merupakan bagian dari perikanan, Akuakultur adalah perikanan masa depan.

Baca juga: Hal Sepele yang Bisa Membuat Calon Mahasiswa Gagal SNMPTN-SBMPTN 2021

“Saat ini dunia Akuakultur mengalami perkembangan yang sangat signifikan termasuk pula industrinya,” terang Sarjito seperti dikutip dari laman undip.ac.id, Jumat (12/3/2021).

Saat ini masih ada persepsi Akuakultur itu hanya mempelajari budidaya udang, kerapu, bandeng, rumput laut dan lainnya. Padahal banyak hal yang dipelajari di prodi ini, antara lain:

1. Produksi benih
2. Pakan
3. Ukuran konsumsi
4. Sarana dan prasarana

Beda Akuakultur dan Perikanan

Untuk membedakan Akuakultur dan Perikanan, bisa dilihat dari indikasi penekanannya dalam menghasilkan produk. Perikanan lebih cenderung memanfaatkan dari alam (wild). Sedangkan Akuakultur menekankan pada budidayanya.

“Hasil akhirnya bisa sama, tapi prosesnya berbeda,” imbuh Sarjito.

Baca juga: Apa Itu Kedokteran Okupasi dan Prospek Kerjanya? Ini Kata Alumni UGM

Prodi Akuakultur Undip lahir berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 473/DIKTI/Kep/1995 dengan nama Program Studi Budidaya Perairan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com