Kompas.com - 13/02/2021, 14:44 WIB
Ilustrasi jurusan kuliah Hubungan Internasional. DOK. PEXELSIlustrasi jurusan kuliah Hubungan Internasional.
|

KOMPAS.com - Bagi pelajar kelas 12 yang masih menimbang-nimbang ingin masuk jurusan apa saat di perguruan tinggi, ada salah satu jurusan kuliah yang menarik untuk dikulik lebih lanjut. Apalagi bagi kalian yang berminat di dunia pemetaan.

Geodesi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan perepresentasian dari bumi dan benda-benda langit lainnya. Termasuk medan gaya beratnya masing-masing, dalam ruang tiga dimensi yang berubah dengan waktu.

Melansir laman kagama.co, Sabtu (13/2/2021), Ketua Departemen Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Prijono Nugroho Djojomartono memberikan sedikit penjelasan tentang jurusan Geodesi dan prospek kerjanya.

Prijono mengatakan, di jurusan ini mahasiswa akan banyak dilatih menentukan posisi obyek yang kemudian direpresentasikan dalam bentuk peta.

Selain posisi yang benar, penentuan skala dan kualitas peta yang dihasilkan juga harus baik. Ini yang disebut dengan informasi geospasial.

Baca juga: Yuk Mengenal Jurusan Meteorologi ITB Berikut Prospek Kerjanya

"Bidang keilmuan lain akan mengisi informasi geospasial tersebut seperti pertanian, kehutanan, ESDM, dan sebagainya. Teknik Geodesi bertugas mengolah informasi spasial tersebut untuk menghasilkan informasi baru," kata Prijono.

Perlu kemampuan matematika yang kuat

Jika ingin masuk ke jurusan Geodesi, harus memiliki kemampuan matematika yang kuat sebagai dasar. Menurut Prijono, jika punya kemampuan matematika yang kuat, semua bisa ditangani. Pasalnya positioning dan mapping perlu ketelitian yang tinggi.

Dalam praktiknya, mahasiswa Geodesi harus paham analisis geospasial, untuk menentukan kesesuaian lahan pemukiman terdapat beberapa faktor yang harus dipenuhi.

Hal tersebut meliputi kelerengan, jenis tanah, ketersediaan air.

Tugas mahasiswa Teknik Geodesi untuk menganalisis faktor-faktor tersebut secara spasial. Agar bisa mengetahui standar yang harus dipenuhi oleh setiap faktor tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X