Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdengar Seperti Gurauan, Berikut 8 Mata Kuliah Unik di Dunia

Kompas.com - 10/02/2021, 18:18 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, orang-orang mungkin dikejutkan dengan mata kuliah “Beyonce Feminism, Rihanna Womanism” yang diluncurkan University of Texas.

Kompas.com pada Kamis (13/11/2014) menuliskan, mata kuliah tersebut menjadikan dua diva pop kenamaan Amerika Serikat (AS), Beyonce dan Rihanna, sebagai panutan dalam hal feminisme dan kebudayaan perempuan kulit hitam di AS.

Fenomena mata kuliah unik tersebut kini berkembang cukup pesat. Beberapa jurusan kampus bahkan berlomba-lomba membuat mata kuliah yang unik untuk menarik perhatian para calon mahasiswa.

Saking uniknya, beberapa mata kuliah justru terdengar seperti gurauan. Padahal, mata kuliah ini memang benar-benar ada dan diajarkan kepada mahasiswa.

Baca juga: Studi: Penggemar Film Zombie Lebih Kuat Mental Hadapi Pandemi Covid-19

Merangkum Stepping Blocks, Rabu (10/2/2021), berikut delapan mata kuliah unik dan langka yang patut untuk diketahui.

Bertahan dari Serangan Zombie–Michigan State University

Ilustrasi zombieBBC Indonesia Ilustrasi zombie

Mata kuliah ini memiliki nama lain Multimedia Online Learning Immersive Experience (MOLIE). Model kuliah yang diajarkan melalui simulasi online yang menempatkan para mahasiswa seolah-olah berada di tengah serangan zombie ganas.

Selain berlatih bertahan hidup dari serangan zombie, mahasiswa juga akan diajarkan pelajaran terkait psikologi, geologi, dan antropologi.

Game of Thrones–University of Virginia

Sophie Turner berperan sebagai Salsa Stark di serial Game of ThronesNME Sophie Turner berperan sebagai Salsa Stark di serial Game of Thrones

Mata kuliah ini mungkin akan terasa cocok bagi Anda penggemar serial atau buku Game of Thrones. Kebanyakan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini merupakan para penggemar novel dan film rekaan George R R Martin tersebut.

Baca juga: Pengembang Gim Game of Thrones Tewas, Diduga Diracuni Temannya Sendiri

Dalam kelas itu, mahasiswa akan belajar segala seluk beluk Game of Thrones, mulai dari karakter, kostum, sejarah, dan lain-lain.

Menonton Televisi dengan Benar–Montclair State University

Ilustrasi menonton televisi (Dok. Shutterstock/Dragon Images) Ilustrasi menonton televisi

Meski terdengar sepele, mata kuliah ini ternyata cukup diminati oleh murid-murid Montclair State University.

Mata kuliah tersebut mengajarkan mahasiswanya mengenai cara memahami pesan terselubung dari acara-acara yang ditampilkan di televisi.

Metode pembelajarannya menggabungkan teori media, kritik, dan pendidikan untuk mengevaluasi peran televisi dalam kehidupan dan budaya manusia.

Baca juga: Pencuri di Ngawi Kaget Kepergok Pemilik Rumah yang Sedang Menonton Televisi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com