Kompas.com - 10/02/2021, 18:18 WIB
Ilustrasi kuliah di Belanda Jacob Ammentorp LundIlustrasi kuliah di Belanda

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, orang-orang mungkin dikejutkan dengan mata kuliah “Beyonce Feminism, Rihanna Womanism” yang diluncurkan University of Texas.

Kompas.com pada Kamis (13/11/2014) menuliskan, mata kuliah tersebut menjadikan dua diva pop kenamaan Amerika Serikat (AS), Beyonce dan Rihanna, sebagai panutan dalam hal feminisme dan kebudayaan perempuan kulit hitam di AS.

Fenomena mata kuliah unik tersebut kini berkembang cukup pesat. Beberapa jurusan kampus bahkan berlomba-lomba membuat mata kuliah yang unik untuk menarik perhatian para calon mahasiswa.

Saking uniknya, beberapa mata kuliah justru terdengar seperti gurauan. Padahal, mata kuliah ini memang benar-benar ada dan diajarkan kepada mahasiswa.

Baca juga: Studi: Penggemar Film Zombie Lebih Kuat Mental Hadapi Pandemi Covid-19

Merangkum Stepping Blocks, Rabu (10/2/2021), berikut delapan mata kuliah unik dan langka yang patut untuk diketahui.

Bertahan dari Serangan Zombie–Michigan State University

Ilustrasi zombieBBC Indonesia Ilustrasi zombie

Mata kuliah ini memiliki nama lain Multimedia Online Learning Immersive Experience (MOLIE). Model kuliah yang diajarkan melalui simulasi online yang menempatkan para mahasiswa seolah-olah berada di tengah serangan zombie ganas.

Selain berlatih bertahan hidup dari serangan zombie, mahasiswa juga akan diajarkan pelajaran terkait psikologi, geologi, dan antropologi.

Game of Thrones–University of Virginia

Sophie Turner berperan sebagai Salsa Stark di serial Game of ThronesNME Sophie Turner berperan sebagai Salsa Stark di serial Game of Thrones

Mata kuliah ini mungkin akan terasa cocok bagi Anda penggemar serial atau buku Game of Thrones. Kebanyakan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini merupakan para penggemar novel dan film rekaan George R R Martin tersebut.

Baca juga: Pengembang Gim Game of Thrones Tewas, Diduga Diracuni Temannya Sendiri

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X