Buku Minggu Ini: Bedah Soal dan Materi UTBK-SBMPTN 2021

Kompas.com - 23/01/2021, 16:15 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri. ShutterstockIlustrasi kuliah di luar negeri.

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan syarat utama yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Tes UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Terdapat 3 kelompok ujian yang dapat ditempuh, yaitu kelompok saintek, soshum, dan campuran.

Sejak tahun 2019, SBMPTN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau dengan kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Selain melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN juga dapat melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri di mana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Baca juga: 3 Jalur Masuk UI Ini Tawarkan Beasiswa dan Penyesuaian Biaya Kuliah

Berlatih soal dapat membuat calon mahasiswa terbiasa mengerjakan soal-soal UTBK 2021. Merangkum laman Gramedia, berikut sejumlah buku latihan soal UTBK-SBMPTN:

1. Top One UTBK SBMPTN Saintek 2021 Plus CD

Oleh: Tim Guru Indonesia

Top One UTBK SBMPTN Saintek 2021 Plus CDdok. Gramedia Digital Top One UTBK SBMPTN Saintek 2021 Plus CD

Buku ini menawarkan tryout online nasional, video tutorial belajar di rumah, strategi menaklukkan soal-soal HOTS, 5 Tops aplikasi berbasis Android, CD Simulasi UTBK 2021, 180 lebih konsep pintar, 1.430 soal dan bahasan UTBK SBMPTN, serta 4.260 bank soal UTBK dan SIMAK UI.

Link buku: https://www.gramedia.com/products/top-one-utbk-sbmptn-saintek-2021-cd

2. Sukses UTBK SBMPTN Soshum 2021

Oleh: Tim Tentor Inspiratif

Sukses UTBK SBMPTN Soshum 2021dok. Gramedia Digital Sukses UTBK SBMPTN Soshum 2021

Buku Sukses UTBK SBMPTN Soshum 2021 ini bisa menjadi salah satu cara calo mahasiswa mempersiapkan menghadapi SBMPTN. Buku ini hadir dengan semangat meraih "kesuksesan" lulus SBMPTN melalui strategi drill soal-soal TKA dan TPS SBMPTN.

Baca juga: 30 Kampus Terbaik Indonesia Versi “QS Asia University Rankings 2021”

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X