Wujudkan "Link and Match", Kalbis Institute Kerja Sama dengan MAP

Kompas.com - 22/01/2021, 12:09 WIB
Kalbis Institute menggandeng MAP Retail Academy, salah satu unit dari MAP Group, mengambangkan pendidikan, pelatihan, serta program sertifikasi di Indonesia (20/1/2021). DOK. KALBIS INSTITUTEKalbis Institute menggandeng MAP Retail Academy, salah satu unit dari MAP Group, mengambangkan pendidikan, pelatihan, serta program sertifikasi di Indonesia (20/1/2021).

KOMPAS.com - Melahirkan lulusan siap kerja menjadi tantangan dunia pendidikan tinggi sehingga perlu mewujudkan " link and match" dengan dunia industri dan usaha. Karenanya, pendidikan tinggi didorong terus membangun kerja sama dengan industri.

Dalam kerangka ini, Kalbis Institute menggandeng MAP Retail Academy, salah satu unit dari MAP Group, mengambangkan pendidikan, pelatihan, serta program sertifikasi di Indonesia.

“Pengembangan kurikulum dalam satu institusi pendidikan menjadi sangat penting bagi setiap kampus, khususnya bahwa kurikulum itu harus mampu mengakomodir kebutuhan di dunia industri," ujar Raymond Christantyo, Brand Communications Manager Kalbis Institute melalui rilis resmi (20/1/2021).

Raymond menambahkan, hal ini menunjukkan komitmen pihaknya dalam mengembangkan kurikulum berbasis industri dengan menggandeng beberapa industri di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Baca juga: Akademi Ritel Gramedia Buka Pendaftaran, Buka Akses Kerja bagi Lulusan

Integrasi kurikulum hingga rekrutmen

"Khususnya Kalbis Institute sangat concern dengan kurikulum saat ini, dan banyak sekali kampus yang hadir hanya sebatas hadir namun tidak mengubah kurikulum mereka sesuai kebutuhan industri," ungkap Raymond lebih lanjut.

Ia menegaskan kampus harus menjadi rumah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan akademik dan non akademik, dan kurikulum menjadi landasan untuk mereka belajar.

"Sehingga saat mereka lulus, mahsiswa ini mampu diterima secara cepat di dunia industri dan dunia usaha,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kerja sama dengan MAP Retail Academy ini meliputi beberapa program seperti pendidikan atau pengembangan kurikulum, program sertifikasi, pelatihan bagi mahasiswa dan dosen, uji kompetensi, magang, rekrutmen bagi lulusan Kalbis Institute.

Selain itu, kerja sama juga melibatkan kegiatan kegiatan lain, khususnya dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Daripada itu semua khususnya dalam program sertifikasi, Kalbis Institute berharap hal ini mampu menjadi salah satu alat untuk mempersiapkan lulusan berkualitas," harap Raymond.

Raymond juga berharap, sertifikasi yang mereka dapatkan akan mempermudah mereka untuk diterima dan bekerja di dunia industri.

Hal ini dirasa sejaan dengan tema "Kalbis Refresh" di tahun ini, di mana Kalbis Institute terus mencari kolaborasi untuk peningkatan kualitas dengan bekerjasama dengan berbagai pihak.

"Kalbis Refresh yang dimaksud bahwa sejak tahun 2020, Kalbis Institute hadir dengan kurikulum yang baru, nama fakultas yang baru, visi misi pendidikan yang baru, yang telah disesuai dengan kebutuhan industri saat ini," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X