IPB Jaring 4.250 Mahasiswa Baru 2021, Berikut Enam Jalur Seleksinya

Kompas.com - 17/01/2021, 14:45 WIB
Arif Satria saat menjelaskan jalur masuk maba 2021 melalui kanal youtube IPB DOK.IPB UniversityArif Satria saat menjelaskan jalur masuk maba 2021 melalui kanal youtube IPB

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor ( IPB University) menggelar Sosialisasi Seleksi Masuk IPB University 2021. Melalui kanal Youtube IPB, Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Drajat Martianto mengatakan, IPB akan menerima 4.250 mahasiswa baru di 2021.

Daya tampung tersebut dapat diperebutkan melalui enam jalur penerimaan mahasiswa baru. Diantaranya:

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
  • Jalur Seleksi Mandiri (Ujian Tulis Masuk Berbasis Komputer).
  • Jalur Ketua OSIS.
  • Jalur Prestasi Internasional dan Nasional, Jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD).
  • Jalur Kelas Internasional.

"Masing masing program studi memiliki keketatan yang bervariasi," kata Drajat, Sabtu, (16/1/2021).

Perkuat growth mindset

Sementara, Rektor IPB University, Arif Satria mengatakan, saat ini IPB menyiapkan kurikulum 2020 yang memperkuat growth mindset. Menurutnya, growth mindset sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan zaman saat ini.

Karena, semua mahasiswa nantinya akan menghadapi tantangan teknologi yang pesat, era VUCA, hingga informasi dan tentunya ancaman pandemi Covid-19 yang belum usai.

"Covid-19 merupakan satu contoh bentuk ketidakpastian, kita tidak bisa memprediksi kapan akan berakhir. Akan tetapi dengan growth mindset, para generasi muda akan memiliki pola pikir bahwa segala sesuatu akan berubah dan berkembang," ujar Arif.

Baca juga: 20 Prodi Soshum Paling Ketat di SNMPTN 2020 Berikut Kampusnya

Sehingga ketika ada persoalan, maka mahasiswa bisa memanfaatkan untuk mencari peluang. Mindset ini yang akan diperkuat di IPB University.

Saat ini, IPB juga memiliki jalur masuk yang menarik bagi calon mahasiswa. Yaitu jalur Ketua OSIS. Jalur ini merupakan bagian dari upaya mencetak calon pemimpin masa depan.

Ketika sudah masuk jalur Ketua OSIS maka semua calon mahasiswa akan dilakukan talent mapping sebagai dasar untuk pengembangan potensi. Selain itu, soft skills dan karakternya juga akan diperkuat.

Sehingga IPB University memiliki peran besar dalam mencetak calon pemimpin bangsa dan menjadi trendsetter perubahan.

Baca juga: Calon Mahasiswa, 351 Prodi D4 Siap Dipilih di SNMPTN 2021

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X