ITS Sosialisasikan Jalur Masuk 2021, Ini Infonya

Kompas.com - 17/01/2021, 05:14 WIB
Cara Registrasi LTMPT SNMPTN 2021 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara Registrasi LTMPT SNMPTN 2021
|

KOMPAS.com - Dua minggu yang lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) telah meluncurkan sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021.

Tentu melalui jalur yang sama, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Kini proses SNMPTN 2021 telah berjalan hingga dibukanya pendaftaran pada bulan depan.

Terkait hal itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) juga mulai melakukan sosialisasi SNMPTN, UTBK, SBMPTN, dan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru ITS 2021 melalui talkshow secara daring, Sabtu (16/1/2021).

Menurut Direktur Pendidikan ITS Dr. Siti Machmudah, S.T., M.Eng., untuk 2021 jalur penerimaan mahasiswa baru di ITS masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: 20 Prodi Soshum Paling Ketat di SNMPTN 2020 Berikut Kampusnya

Adapun PMB di ITS bisa melewati jalur SNMPTN, SBMPTN, juga Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM). Untuk porsinya yakni:

  • SNMPTN kuota 20 persen
  • SBMPTN kuota 30 persen
  • Sisanya untuk jalur SKM

Jalur SNMPTN 2021

Pada jalur SNMPTN, ITS akan menilai berdasarkan indeks sekolah yang mempertimbangkan akreditasi sekolah, alumni yang diterima SNMPTN di PTN Indonesia, dan alumni yang diterima SBMPTN di PTN di Indonesia.

Setelah itu, siswa akan dibandingkan dengan siswa lain pada sekolah tersebut yang mendaftar di ITS.

"Perbandingan ini diutamakan pada nilai rapor, kemudian didukung dengan sertifikat yang disertakan seperti kejuaraan olimpiade sains, olahraga, karya ilmiah, seni, hafiz, dan ketua OSIS," jelas Machmudah seperti dikutip dari laman ITS.

Jalur SBMPTN 2021

Untuk SBMPTN, penilaian masih sama seperti tahun lalu dengan menggunakan skor dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sementara Koordinator Sosial dan Promosi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2021, Dr. Ismaini Zain, M.Si., yang juga dihadirkan sebagai narasumber mengungkapkan, pada tahun ini UTBK akan sedikit berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X