Kiat Sehat Bersepeda bagi Pemula dari Dekan FK Unpad

Kompas.com - 06/12/2020, 13:36 WIB
Ilustrasi pakai masker SHUTTERSTOCKIlustrasi pakai masker
|

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19, aktivitas bersepeda di masyarakat kembali menggeliat. Hal ini agar tubuh seseorang menjadi sehat karena berolahraga.

Hanya saja, bersepeda tidak bisa asal-asalan. Seorang yang sudah biasa menggowes dengan durasi dan jarak tempuh yang panjang, akan berbeda bagi pemula.

Seorang pemula, atau yang baru memulai menggowes perlu memerhatikan beberapa hal. Ada tantangan tersendiri saat baru mulai menggowes. Apa saja itu?

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran ( Unpad) yang juga sebagai Ketua Ikatan Goweser (I-Go) Unpad Dr.med. Setiawan, dr., ada beberapa hal yang mesti diperhatikan bagi pemula yang akan memulai bersepeda.

Bagi Setiawan, kunci utama suksesnya bersepeda bagi seorang pemula adalah menjaga konsistensi.

Baca juga: Begini 5 Cara Aman Bersepeda Saat Pandemi dari Pakar UGM

"Prinsipnya start small dan progresif. Karena setiap orang punya masanya, yang penting konsisten," ujar Setiawan seperti dikutip dari laman Unpad, Minggu (6/12/2020).

Dimulai durasi singkat

Dijelaskan, pemula agar tidak terpaku pada kemampuan penggowes yang sudah rutin. Pesepeda pemula bisa memulai bersepeda dengan jarak yang kecil dan durasi yang singkat. Namun, aktivitas ini harus rutin dilakukan.

Tak hanya itu saja, ahli fisiologi olahraga ini juga mengatakan bahwa pesepeda pemula wajib memerhatikan metode FIT atau:

  • frecuency (frekuensi)
  • intensity (intensitas)
  • time (waktu)

1. Frekuensi

Pada aspek frekuensi, pemula sebaiknya melakukan aktivitas bersepeda minimal 3 kali seminggu. Pola frekuensi ini harus terus konsisten dilakukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X