Kompas.com - 10/11/2020, 16:38 WIB
Rektor Unpad periode 2019-2024, Prof Rina Indiastuti. KOMPAS.com/RENI SUSANTIRektor Unpad periode 2019-2024, Prof Rina Indiastuti.

KOMPAS.com - Rektor Universitas Padjajaran (Unpad), Rina Indiastuti mengatakan, peringatan Hari Pahlawan sebagai momentum pembangkit energi untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal itu disampaikan Menteri Sosial RI Juliari Batubara dalam amanat yang dibacakan Rektor Unpad Rina Indiastuti saat menjadi pembina upacara pada Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 yang digelar di halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Jawa Barat, Selasa, 10 November 2020.

Baca juga: Guru Besar Unpad: Joe Biden Menang, Bawa Peluang bagi Indonesia

Rektor Rina menyatakan, dahulu perjuangan dilakukan dengan mengangkat senjata untuk mengusir penjajah. Kini, perjuangan bangsa Indonesia dilakukan untuk melawan berbagai permasalahan.

"Permasalahan itu seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, faham radikalisme, hingga perjuangan melawan pandemi Covid-19," ucap Rina melansir laman Unpad.

Karena itu, kata dia, nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, dan bergotong royong harus tetap dirawat oleh bangsa Indonesia saat ini.

"Semangat kepahlawanan yang terus menyala dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan," tutur Rina.

Sekedar informasi, upacara digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Peserta upacara hanya dibatasi dari kalangan pimpinan Universitas.

Baca juga: Unnes Peringkat 5 Lulusan Terbanyak yang Lolos Seleksi CPNS 2019

Dalam upacara itu, bertindak sebagai pembaca naskah UUD 1945 adalah Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Ida Nurlinda, pembaca pesan-pesan pahlawan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Arief S. Kartasasmita, serta pembaca doa oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Hendarmawan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X