Tips Kerja Sama Guru, Orangtua, dan Siswa Lawan Corona

Kompas.com - 18/06/2020, 13:45 WIB
Program pembelajaran daring Sekolah Pribadi Depok ini resmi dilaksanakan pada hari Selasa (17/3/2020). DOK. SEKOLAH PRIBADI DEPOKProgram pembelajaran daring Sekolah Pribadi Depok ini resmi dilaksanakan pada hari Selasa (17/3/2020).
|

KOMPAS.com - Rencananya, pemerintah tetap akan memulai tahun ajaran baru 2020/2021 pada bulan Juli. Jika daerah zona hijau, maka sekolah akan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka.

Namun, bagi di wilayah zona kuning, oranye, atau zona merah, maka kegiatan belajar mengajar akan dilakukan secara daring.

Karena secara daring, maka dibutuhkan peran serta orangtua. Atau harus ada kerja sama yang baik antara guru, orangtua, dan siswa dalam masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Pembelajaran Daring dan Biaya Jadi Tantangan Pendidikan Tinggi Pascapandemi

Terkait hal itu, program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) yakni " Guru Berbagi" coba memberikan informasi pembelajaran yang bermakna.

Melansir akun resmi Instagram Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud, Rabu (17/6/2020), berikut ini artikel Guru Berbagi dari seorang guru bernama Widodo.

Artikelnya terkait kerja sama guru, orangtua, dan siswa dalam upaya menghadirkan pembelajaran yang bermakna.

Meskipun proses pendidikan pada era gawai ada di ujung jari, tanggung jawab pendidikan lebih banyak ada pada orangtua sebagai guru, motivator, sekaligus sebagai fasilitator terhadap berbagai kebutuhan belajar anak.

Mulai dari makan, minum, dan berbagai kebutuhan lainnya. Guru dari sekolah selalu memonitor perkembangan belajar anak didik. Selain itu, guru selalu memberikan tugas dan motivasi sehingga anak tidak jenuh belajar.

Dalam suasana seperti itu, proses pembelajaran menjadi semakin merdeka, dan anak merasa lebih leluasa dalam menentukan jam belajar, metode belajar, sumber belajar, dan partner belajar.

Guru menjadi lebih kreatif dalam memberikan berbagai materi pelajaran kepada anak. Anak lebih memahami dalam mengerjakan tugas dari guru.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X