28 Prodi UGM Raih Akreditasi Unggul BAN PT

Kompas.com - 12/06/2020, 19:58 WIB
UGM gelar upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional secara daring. Peserta mengikuti upacara bendera dari kediaman mereka masing-masing. (foto dokumentasi Humas UGM) KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMAUGM gelar upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional secara daring. Peserta mengikuti upacara bendera dari kediaman mereka masing-masing. (foto dokumentasi Humas UGM)

KOMPAS.com - Sebanyak 28 program studi (prodi) Universitas Gadjah Mada ( UGM) meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dengan raihan ini menjadikan UGM sebagai perguruan tinggi di Indonesia yang memperoleh predikat akreditasi unggul hingga saat ini.

“Ada 28 prodi yang mendapat akreditasi unggul dari BAN PT dan sementara ini untuk perguruan tinggi, baru UGM yang mendapatkannya serta menjadi yang terbanyak,” jelas Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Prof. Indra Wijaya Kusuma seperti dikutip dari laman UGM.

Indra menjelaskan akreditasi unggul tersebut diperoleh setelah memenuhi peraturan BAN-PT No.1 Tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi untuk akreditasi yang dilakukan BAN-PT. Hasil akreditasi yang dikeluarkan adalah unggul, sangat baik, dan baik.

Sementara untuk akreditasi yang dilakukan dapat dilakukan melalui tiga cara. Pertama, melakukan reakreditasi borang baru dengan 9 kriteria.

Kedua, mengajukan tambahan borang menggunakan instrumen suplemen konversi (ISK). Ketiga, menggunakan akreditasi internasional yang diakui Kemendikbud.

Baca juga: Ini Skenario New Normal di UGM, Kuliah Tatap Muka Mulai November 2020

Sebelumnya, hasil akreditasi BAN-PT dengan peringkat A,B,dan C. Namun, sejak tahun 2019 lalu BAN-PT menggunakan akreditasi dengan hasil unggul, sangat baik, dan baik.

“UGM mengajukan akreditasi dengan menggunakan akreditasi internasional yang diakui Kemendikbud seperti ASIIN, KAAB, ACCSB, dan ABET. Akreditasi internasional ini diakui setara dengan peringkat akreditasi unggul,” paparnya.

Indra mengatakan diraihnya peringkat akreditasi dari BAN-PT tersebut sekaligus menjadi pembuktian bahwa prodi-prodi di UGM telah diakui di mata internasional.

Kendati telah mendapatkan akreditasi unggul, tak lantas membuat UGM berpuas diri. Kedepan UGM akan terus meningkatkan kualitas prodi dengan cara internasionalisasi.

Selain mengejar akreditasi internasional, pihaknya juga akan mempersiapkan reakreditasi mengggunakan ISK dan pengajuan borang dengan 9 kriteria.

Saat ini, UGM memiliki 295 prodi dengan komposisi sebanyak 78 persen diantaranya telah mendapatkan akreditasi A.

“Yang 78 persen ini mestinya bisa menjadi unggul semua, kita akan berusaha mengonversi itu menjadi unggul,”pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X