Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2020, 18:47 WIB

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mahasiswa Sarjana dan Sarjana Terapan pada 1 – 31 Juli 2020 dengan metode daring/virtual.

Pelaksanaan dengan metode daring mempertimbangkan kondisi saat ini masih berada di tengah pandemi Covid-19.

“Inti utama dari KKN daring adalah menumbuhkan rasa empati kepada kondisi masyarakat sekitar dan mengasah kreativitas untuk belajar mencari solusi di masa normal baru ini,” ujar Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi dalam keterangan tertulis.

Tahun ini, ada dua tema KKN yang ditawarkan kepada mahasiswa. Dua tema tersebut adalah KKN Kemanusiaan dan KKN Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Integratif Virtual Unpad 2020.

KKN-PPM Integratif 2020 seluruhnya dilakukan secara virtual, tidak turun ke lapangan. Fahmi menjelaskan, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang memiliki skema PPM akan memberikan bimbingan kepada mahasiswa peserta KKN melalui aplikasi manajemen proyek daring (online management project).

“Dengan aplikasi ini setiap progres atau tahapan dalam proses KKN dapat dipantau dan diarahkan oleh DPL walaupun secara jarak jauh,” jelasnya.

Walau dilaksanakan secara daring, Unpad rencananya tetap menggelar seremoni pemberangkatan KKN virtual oleh Rektor pada 1 Juli mendatang.

Selain itu, mahasiswa juga tetap mengumpulkan laporan pelaksanaan KKN begitu kegiatan berakhir.

Baca juga: Skenario New Normal di Unpad, Ada Tiga Tahap hingga Kampus Dibuka Lagi

Sementara program KKN Kemanusiaan difokuskan untuk pengembangan sistem pelaporan dan respons Covid-19 berbasiskan masyarakat milik Unpad.

Sistem tersebut dikenal dengan Aplikasi Mawas Diri (Amari) Covid-19 yang dikembangkan para akademisi dari Fakultas Kedokteran Unpad. Sistem ini salah satunya sudah diaplikasikan di Kabupaten Sumedang.

“Output dari KKN Kemanusiaan adalah model sistem respons individu dan masyarakat, melalui strategi pelacakan dan edukasi bagi populasi berisiko tinggi yang terintegrasi dengan sistem kesehatan daerah dan sesuai dengan kebutuhan lokal,” ujar Fahmi.

KKN Kemanusiaan akan diikuti oleh 120 mahasiswa. Karena berbasis pengembangan aplikasi di masyarakat, ada kemungkinan mahasiswa akan praktik ke beberapa kecamatan di Sumedang.

Namun, Fahmi memastikan praktik lapangan pada KKN Kemanusiaan akan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+