Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Covid-19, Unpad akan Laksanakan KKN Daring 1-31 Juli

Kompas.com - 11/06/2020, 18:47 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mahasiswa Sarjana dan Sarjana Terapan pada 1 – 31 Juli 2020 dengan metode daring/virtual.

Pelaksanaan dengan metode daring mempertimbangkan kondisi saat ini masih berada di tengah pandemi Covid-19.

“Inti utama dari KKN daring adalah menumbuhkan rasa empati kepada kondisi masyarakat sekitar dan mengasah kreativitas untuk belajar mencari solusi di masa normal baru ini,” ujar Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi dalam keterangan tertulis.

Tahun ini, ada dua tema KKN yang ditawarkan kepada mahasiswa. Dua tema tersebut adalah KKN Kemanusiaan dan KKN Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Integratif Virtual Unpad 2020.

KKN-PPM Integratif 2020 seluruhnya dilakukan secara virtual, tidak turun ke lapangan. Fahmi menjelaskan, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang memiliki skema PPM akan memberikan bimbingan kepada mahasiswa peserta KKN melalui aplikasi manajemen proyek daring (online management project).

“Dengan aplikasi ini setiap progres atau tahapan dalam proses KKN dapat dipantau dan diarahkan oleh DPL walaupun secara jarak jauh,” jelasnya.

Walau dilaksanakan secara daring, Unpad rencananya tetap menggelar seremoni pemberangkatan KKN virtual oleh Rektor pada 1 Juli mendatang.

Selain itu, mahasiswa juga tetap mengumpulkan laporan pelaksanaan KKN begitu kegiatan berakhir.

Baca juga: Skenario New Normal di Unpad, Ada Tiga Tahap hingga Kampus Dibuka Lagi

Sementara program KKN Kemanusiaan difokuskan untuk pengembangan sistem pelaporan dan respons Covid-19 berbasiskan masyarakat milik Unpad.

Sistem tersebut dikenal dengan Aplikasi Mawas Diri (Amari) Covid-19 yang dikembangkan para akademisi dari Fakultas Kedokteran Unpad. Sistem ini salah satunya sudah diaplikasikan di Kabupaten Sumedang.

“Output dari KKN Kemanusiaan adalah model sistem respons individu dan masyarakat, melalui strategi pelacakan dan edukasi bagi populasi berisiko tinggi yang terintegrasi dengan sistem kesehatan daerah dan sesuai dengan kebutuhan lokal,” ujar Fahmi.

KKN Kemanusiaan akan diikuti oleh 120 mahasiswa. Karena berbasis pengembangan aplikasi di masyarakat, ada kemungkinan mahasiswa akan praktik ke beberapa kecamatan di Sumedang.

Namun, Fahmi memastikan praktik lapangan pada KKN Kemanusiaan akan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com