5 Ciri Khas Calon Mahasiswa yang Tembus UTBK SBMPTN

Kompas.com - 06/04/2020, 14:37 WIB
Ilustrasi ujian berbasis komputer. KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOIlustrasi ujian berbasis komputer.

KOMPAS.com - Kelulusan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) nyatanya tak cukup bermodal rajin menghafal rumus.

Tak sedikit anak yang terkenal pintar di sekolah, tetapi justru gagal masuk jurusan atau universitas impiannya karena tak tembus UTBK SBMPTN. Sebaliknya, bukan tak mungkin kalau anak yang nilainya biasa saja, justru lolos ke PTN favorit.

"Ada aja cerita anak tukang main, tapi malah akhirnya bisa mengejar teman-temannya di bulan-bulan terakhir dan berhasil masuk PTN top," papar laman media sosial Zenius Education.

Untuk menjawab kegalauan, platform edukasi Zenius Education mencoba merangkum ciri atau sifat utama yang dimiliki seorang calon mahasiswa yang membuat mereka berhasil meraih mimpi lolos UTBK SBMPTN.

Baca juga: UN Batal, UTBK SBMPTN Tetap Diadakan dengan Sistem Rolling

Dirangkum dari laman Zenius Education, berikut 5 ciri khas calon mahasiswa yang tembus UTBK SBMPTN:

1. Setia pada mimpi

Setia pada mimpi alias fokus. Kelancaran tes UTBK nyatanya sangat bergantung pada fokus atau tidaknya siswa kelas 12 dalam melakukan persiapan tes masuk perguruan tinggi.

"Kurangi segala distraction yang bisa mengganggu konsentrasi, termasuk mengorbankan hal-hal yang dekat dengan kita yang memberi efek negatif pada proses persiapan belajar," saran Zenius.

Untuk dapat fokus, Co-Founder dan Chief Education Officer Zenius Sabda PS menyarankan untuk membuat target belajar.

Baca juga: Info Terbaru LTMPT: UTBK 2020 Ditunda terkait Wabah Corona

"Misalnya selama 14 hari belajar mandiri di rumah, saya akan menyelesaikan materi Ekonomi & Geografi UTBK di Zenius. Lalu, turunkan menjadi target harian, misalnya menyelesaikan video materi dan latihan soal," saran Sabda dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, belajar UTBK mandiri di rumah menjadi lebih efektif dan terukur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X