Kompas.com - 06/04/2020, 10:24 WIB

KOMPAS.com - Selama masa belajar dari rumah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa satuan pendidikan dapat memilih platform pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kebutuhan.

“Pilihan bagi masing-masing sekolah untuk memilih platform yang mana. Kami memberikan opsi, karena beberapa platform sudah mengetahui metodologi masing-masing. untuk Rumah Belajar sudah punya juklak [petunjuk pelaksanaan] dan juknis [petunjuk teknis] sendiri dengan metodologi dari Kemendikbud. Ada juga yang dari swasta, mereka ada berbagai macam opsi dan itu gratis bagi para pelajar,” papar Nadiem dalam siaran tertulis Kemendikbud, Jumat (3/4/2020).

Salah satu platform yang bisa digunakan orangtua maupun guru dalam memberikan pembelajaran yang lebih variatif untuk murid ialah dengan mengajak siswa menikmati tayangan edukatif melalui TV Edukasi Kemendikbud.

Baca juga: Jadwal Kelas Online Rumah Belajar Kemendikbud 6 April, SD dan SMP

TV Edukasi memberikan beragam tayangan pembelajaran yang disiarkan secara langsung. Termasuk beragam video pembelajaran yang bisa diakses kapanpun secara gratis.

Misalnya, untuk 6 April 2020, TV Edukasi Kemendikbud menyuguhkan program Gemar Matematika Bersama Pak Ridwan untuk SD, Mantul Matematika untuk SMP, serta Klinik Matematika untuk SMA.

Menariknya, selain materi sesuai kurikulum, TV Edukasi juga memberikan banyak pelajaran tentang pengetahuan umum, pendidikan karakter, hingga aktivitas kreatif.

PLT Dirjen Paud Dikdasmen Haris Iskandar mengatakan, dalam pembelajaran daring seluruh guru diminta tidak hanya fokus pada pembelajaran akademik dan kurikulum saja tetapi juga fokus pada pembelajaran kontekstual dan mengarah pada peningkatan keahlian dan kreativitas anak.

Baca juga: Belajar di Rumah Diperpanjang, Kemendikbud: Berikan Materi Life Skill dan Karakter

Setiap hari, TV Edukasi menyuguhkan program edukasi yang bisa dinikmati oleh siswa dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, hingga SMK.

Berikut jadwal lengkapnya untuk minggu ini:

Senin - Rabu (6-8/4/2020)

Jadwal TV Edukasi KemendikbudDok. Kemendikbud Jadwal TV Edukasi Kemendikbud

Kamis - Minggu, (9-12/4/2020)

Jadwal TV Edukasi KemendikbudDok. Kemendikbud Jadwal TV Edukasi Kemendikbud

Siaran TV Edukasi Kemendikbud dapat diakses melalui tautan http://tve.kemdikbud.go.id/live

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.