Begini Peta Persebaran Corona di Jatim Ciptaan Akademisi ITS

Kompas.com - 27/03/2020, 20:08 WIB
Peta persebaran virus corona ciptaan ITS Surabaya. DOK.ITSPeta persebaran virus corona ciptaan ITS Surabaya.
|


KOMPAS.com - Virus corona atau Covid-19 yang terus menyebar di berbagai daerah di Indonesia menjadi perhatian serius pemerintah. Sebab, setiap hari terjadi peningkatan kasus virus corona.

Tak terkecuali di wilayah Provinsi Jawa Timur (Jatim). Agar virus tersebut tidak menyebar luar, maka masyarakat diimbau untuk menerapkan social distancing. Disamping itu, masyarakat juga didorong untuk menerapkan langkah-langkah preventif.

Seperti salah satu perguruan tinggi ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) Surabaya, sebagai kampus teknologi terus menggalakkan upaya penanganan virus dengan membuat peta persebaran Covid-19 di Jatim.

Baca juga: Akademisi UGM Teliti Tumbuhan Indonesia Ini Cegah Corona

Melansir laman resmi ITS, peta yang dinamai dengan Peta Kawal Covid-19 itu adalah inovasi dari dosen Departemen Teknik Geomatika ITS Dr. Eko Yuli Handoko S.T, M.T. yang bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIIG) ITS dan Pusat Studi Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim ITS.

Adapun peta persebaran Covid-19 ini tersedia dalam empat dashboard yang meliputi:

  • Peta Persebaran Pasien Dalam Pengawasan (PDP)
  • Peta Persebaran Orang Dalam Pemantauan (ODP)
  • Peta Persebaran Kasus Positif
  • Peta Rumah Sakit Rujukan Jawa Timur

Peta persebaran PDP, ODP dan kasus positif menampilkan sebaran jumlah di setiap kabupaten/kota di Jatim. "Berdasarkan jumlah tersebut, peta persebaran ditampilkan dalam warna yang berbeda," ujar Dr Eko seperti dikutip dari laman ITS, Jumat (27/3/2020).

Pakai data Pemprov Jatim

Untuk datanya, Eko menggunakan sumber data dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Di setiap kategori atau dashboard, trend (grafik) ditampilkan dalam diagram garis dan diperbarui setiap harinya.

Dikatakan, metode persebaran ditampilkan secara spasial per kabupaten/kota dalam lima kategori berdasarkan analisis statistika.

Untuk peta rumah sakit rujukan, metode yang digunakan yaitu closest proximity (memilih lokasi terdekat) dengan fungsi buffer (penyangga) untuk pemilihan rumah sakit yang masuk dalam area terpilih.

Sedangkan Location Based Service (LBS) yang diaplikasikan pada analisa ini dapat menampilkan rute tercepat untuk sampai pada rumah sakit yang dituju. RS yang digunakan pada peta ini, merupakan RS rujukan berdasarkan Dinas Kesehatan Provinsi Jatim.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X