Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2020, 14:23 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai bagian dari upaya memperkuat dukungannya terhadap kebijakan belajar mandiri di rumah, Zenius Education resmi memulai layanan Live Teaching yang dapat diakses secara gratis oleh semua pelajar Indonesia.

Sesi pengajaran kelas online tersebut akan dipandu oleh tutor Zenius dari berbagai mata pelajaran dan disiarkan secara langsung.

Lebih dari itu, kelas online Zenius juga dilengkapi dengan fitur Live Chat, sehingga siswa dapat berinteraksi dan memberikan pertanyaan kepada tutor saat proses pengajaran berlangsung.

“Dengan 15 tahun pengalaman mendampingi siswa belajar, kami juga belajar bahwa interaksi antara guru dan siswa merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang kesuksesan proses belajar mengajar. Oleh karena itu, Zenius resmi membuka kelas Live Teaching yang sifatnya gratis untuk seluruh pelajar di Indonesia," tutur Chief Executive Officer Zenius Education Rohan Monga dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/3/2020).

Baca juga: Startup Ini Siapkan 80.000 Video Belajar dan Latihan Soal UN 2020 Gratis

Dengan proses pengajaran yang disiarkan langsung dan dilengkapi dengan Live Chat, lanjut Rohan, diharapkan para siswa lebih semangat belajar dari rumah karena adanya pengalaman yang berbeda.

Berikan rencana belajar harian

Mengerti kesulitan orangtua dalam menyusun rencana belajar harian anak, tutor Zenius tak hanya memberi materi dan menjawab pertanyaan. Tetapi, juga akan membuat dan mengirimkan rencana belajar harian (Daily Study Plan) ke akun siswa dan orang tua.

Konten materi yang dikirimkan akan disesuaikan dengan jenjang dan tingkatan kelas pengguna. Harapannya, rencana belajar harian ini akan membuat kemajuan belajar anak lebih terstruktur.

Baca juga: 12 Edutech Berikan Pembelajaran Online Gratis, Ini Daftarnya

“Guna menjawab tantangan belajar mandiri yang diinstruksikan oleh pemerintah, kami akan terus berupaya merumuskan berbagai pendekatan terbaik supaya siswa tetap dapat fokus dan nyaman belajar di rumah dengan platform Zenius, ” imbuh Rohan.

Hingga kini, melalui program Semua Bisa Zenius, para pelajar dan pembelajar di seluruh Indonesia dapat mengakses lebih dari 80.000 video pembelajaran yang ada di platform Zenius secara gratis tanpa terkecuali.

Zenius Education juga menggandeng provider Telkomsel dan juga XL untuk menghadirkan paket data gratis yang dapat digunakan untuk mengakses platform Zenius, sehingga akses ke belajar benar-benar tanpa biaya.

Agar rencana belajar harian sesuai dengan jenjang, saat registrasi di website atau aplikasi Zenius, pengguna dapat memilih status sebagai siswa atau orang tua, kemudian memilih jenjang dan kelas.

Baca juga: Belajar di Rumah, Nadiem: Siswa Bisa Tur Virtual Museum di Aplikasi Google

Jadwal kelas Live Teaching

Kelas online Live Teaching Zenius akan diadakan setiap hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 10.00 WIB.

Dalam sehari, akan ada dua sesi ajar. Pertama sesi kelas pagi, di mana proses belajar akan dipandu oleh tutor dari Zenius.

Tutor Zenius juga akan memberikan berbagai latihan soal terkait pendalaman pemahaman siswa terhadap topik yang sedang dibahas.

Pada sesi kelas kedua (doubt solving session) akan diadakan pada malam hari, tutor akan fokus membahas pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh siswa di sesi kelas pagi.

Layanan kelas online ini dapat diakses melalui aplikasi, website, dan youtube Zenius Education.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com