Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Kampus Merdeka dan Mewaspadai Sisi Gelap Kewirausahaan

Kompas.com - 25/03/2020, 20:19 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Frangky Selamat

KOMPAS.com - Kegiatan berwirausaha mahasiswa memperoleh perhatian serius dari pemerintah.

Dalam Buku Saku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka 2020 Kemendikbud, kegiatan kewirausahaan menjadi satu dari delapan opsi yang dapat dipilih mahasiswa untuk dijalankan selama satu semester di luar Program Studi selain.

Pengakuan kegiatan wirausaha mahasiswa bukan tanpa alasan. Aktivitas kewirausahaan telah diyakini akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara, walaupun terdapat kondisi tertentu dan jenis kewirausahaan yang mempengaruhinya.

Baca juga: Vokasi UI Gelar Pelatihan Wirausaha Ternak Madu di Belitung Timur

Stem dan Stel (2009) dalam studi empirisnya mengungkapkan bahwa pada negara berpendapatan rendah (low income countries/developing countries), kewirausahaan tidak mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara signifikan.

Hal sebaliknya terjadi pada negara yang sedang dalam masa transisi menjadi negara maju (transition countries) dan tentu saja negara maju (developed countries), kewirausahaan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara signifikan.

Dampak positif

Hal ini dapat terjadi karena pada negara berpendapatan rendah, kewirausahaan lebih digerakkan oleh kebutuhan, untuk memenuhi kebutuhan perorangan, yang tidak memberikan nilai tambah secara ekonomis bagi negara.

Aktivitas para entrepreneur di negara tersebut hanya sedikit memberikan dampak pada aspek restrukturisasi dan diversifikasi ekonomi. Selain itu, masih kurangnya perusahaan berskala besar, juga memberikan kontribusi lemahnya dampak kewirausahaan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Selain berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, aktivitas kewirausahaan di dalam perusahaan bisnis, yang digerakkan dengan orientasi kewirausahaan (entrepreneurial orientation) yang meliputi: risk taking, proactive dan innovative, akan memberikan pengaruh positif terhadap kinerja usaha.

Perusahaan yang entrepreneurial, secara empiris terbukti memiliki kinerja yang lebih bagus ketimbang perusahaan yang tidak entrepreneurial. Hal ini mendorong banyak manajer mendorong para bawahannya untuk memiliki orientasi entrepreneurial dalam bekerja.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.