Kompas.com - 15/03/2020, 11:19 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi siswa kelas XII SMK/MAK yang ingin ikut Ujian Nasional (UN) 2020, maka harus belajar dengan rajin.

Selain ikut bimbingan belajar, kamu juga bisa belajar di rumah dari kisi-kisi yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Tentu, kamu juga harus tetap menjaga diri dari penyebaran virus corona atau Covid-19. Yakni selalu rajin cuci tangan pakai sabun atau dengan hand sanitizer.

Baca juga: Cegah Corona, Kemendikbud: Dana BOS Bisa Dipakai Beli Hand Sanitizer

Jika UN 2020 hari pertama, Senin (16/3/2020) untuk mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia, berikut ini disampaikan kisi-kisi UN 2020 SMK/MAK mapel Matematika jurusan teknik untuk hari kedua, Selasa (17/3/2020).

1. Level kognitif

Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi, menjelaskan, memberi contoh, menghitung, dan membaca.

Lingkup materi

a. Aljabar, siswa dapat memahami dan menguasai konsep: pangkat, bentuk akar, logaritma, sifat dan operasi matriks, sistem persamaan linier dua variabel, persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, logika matematika (pernyataan, negasi, pernyataan majemuk, penarikan kesimpulan), barisan dan deret (aritmetika dan geometri), dan program linear.

b. Geometri dan trigonometri, siswa dapat memahami dan menguasai konsep: perbandingan trigonometri, unsur-unsur bangun ruang, hubungan antara unsur bangun ruang, transformasi geometri, koordinat kutub dan katesius.

c. Statistika dan peluang, siswa dapat memahami dan menguasai konsep: penyajian data dalam tabel dan diagram, ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran, peluang kejadian, kaidah pencacahan dan frekuensi harapan.

d. Kalkulus, siswa dapat memahami dan menguasai tentang grafik fungsi dan sifat-sifatnya yang meliputi: limit fungsi, turunan fungsi, integral, dan garis singgung.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.