Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trisakti Research Club Gelar Pemberdayaan Masyarakat Pulau Tunda Serang

KOMPAS.com - Institut Pariwisata Trisakti melalui Trisakti Research Club (TRC) kembali mengadakan pengabdian kepada masyarakat "Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2023"

Kegiatan yang mendapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek ini dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak Juni hingga November 2023 di Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten. Desa ini terletak di Pulau Tunda, sebelah utara Kabupaten Serang.

Kegiatan ini dilakukan 12 mahasiswa Institut Pariwisata Trisakti yang bergabung dalam Ormawa TRC.

Tim pengabdian masyarakat tersebut terdiri dari 10 mahasiswa Sarjana Pariwisata, yaitu Novia Arini Huwaida (Ketua Tim Pelaksana), Noviani Rahma, Bernadeta Watratan, Agung Rasmito, Nestor Ipan, Ayu Setiawati, Tiara Ramadona Alfarez, Oktovia Yacomina Sira, Ruth Arthamevilia Shanti dan Setyawan Candra Wibowo.

Kegiatan juga berkolaborasi dengan satu mahasiswa Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan yaitu Ridwan Maulana dan satu mahasiswa Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata yaitu Mohammed Bentarakha Ahnaf Perwira.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari mahasiswa Institut Pariwisata Trisakti ini didampingi dosen pendamping Ira Mayasari.

Lima program PPK Ormawa 2023

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mempunyai lima program kerja yang disebut "Turdevener Stay" dan bertujuan meningkatkan motivasi, keterampilan dan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan potensi sumber daya manusia (SDM) dan potensi sumber daya alam (SDA), baik darat maupun laut.

Pertama, memberikan pelatihan dan membentuk kelompok pengelola taman laut yang beranggotakan 10 orang bertujuan menjaga keberlangsungan hidup dan kelestarian biota laut sebagai pemecah ombak dan pencegah abrasi pantai sehingga pantai dapat terjaga.

Kegiatan dilakukan dengan penanaman 250 batang bibit mangrove jenis rizhophora, penanaman tiga spider media transplantasi terumbu karang, lokalisir kawasan padang lamun bebas sampah, pembersihan kawasan dermaga bagian selatan dan pembangunan satu unit bak sampah.

Kedua, memberikan pelatihan pemanduan dan keterampilan berbahasa inggris kepada kelompok pemandu wisata beranggotakan lima orang perwakilan masyarakat lokal.

Pelatihan bertujuan meningkatkan ketrampilan berbahasa asing dan memandu dalam rangka memberi pelayanan kepada wisatawan.

Ketiga, memberikan pelatihan keterampilan kepada kelompok UMKM souvenir yang beranggotakan 10 orang dengan materi pembuatan souvenir asesoris kalung, gelang, bros, gantungan kunci dari bahan kerang, pelatihan desain gambar sablon kaos, pelatihan packaging, labeling dan pemasaran.

Pelatihan bertujuan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam pemanfaatan bahan-bahan alam dan ketrampilan yang ada menjadi sesuatu barang yang bernilai.

Keempat, memberikan pelatihan keterampilan kepada kelompok UMKM kuliner beranggotakan 10 orang dengan materi pembuatan manisan kering buah kelapa, pelatihan pembuatan sambal ikan cendro dalam botol, sekaligus pelatihan packaging, labeling dan pemasaran.

Pelatihan bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat dan menjadikan masyarakat inovatif dan kreatif melalui memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki oleh Desa Wargasara.

Kelima, memberikan pelatihan pengelolaan homestay kepada 15 orang pengelola homestay lokal dengan materi penataan kamar, administrasi, pelayanan prima dan sajian sehat homestay.

Anggota kelompok berasal dari anggota Pokdarwis, Karang Taruna, PKK, LPM, pengelola homestay, masyarakat dan seniman.

Kegiatan PPK Ormawa 2023 diharaokan dapat menjadikan mahasiswa peduli terhadap kemajuan desa, mendapatkan pengetahuan, pengalaman keterampilan soft skill tentang berorganisasi hingga menyusun kegiatan.

Mahasiswa juga diharapkan dapat mempraktikan materi pembelajaran yang sudah didapatkan di kampus, dan menguatkan kerja sama dan manfaat dari terbentuknya organisasi kemahasiswaan Trisakti Research Club kepada masyarakat luas.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/10/27/173431071/trisakti-research-club-gelar-pemberdayaan-masyarakat-pulau-tunda-serang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke