Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Dapat Beasiswa ke Luar Negeri dari Awardee LPDP

KOMPAS.com - Kuliah di luar negeri menggunakan beasiswa menjadi hal yang diidam-idamkan mahasiswa.

Dengan kuliah di luar negeri, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dan tentunya nilai plus di mata perusahaan saat mencari pekerjaan.

Ada beberapa tips mendapat beasiswa ke luar negeri yang bisa dicoba langsung oleh para mahasiswa.

Salah satu alumnus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Ahmad Abdullah Zawawi yang juga menjadi penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membagikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Tips dapat beasiswa ke luar negeri

Tips dari seorang yang sudah berhasil mendapatkan beasiswa ke laur negeri ini bisa menambah wawasan saat kamu mencoba mendaftar suatu program beasiswa.

Ahmad Abdullah Zawawi saat ini masih menempuh studi magister di Universitas Sydney, Australia.

Dia mengatakan, semua orang punya kesempatan yang sama untuk bisa kuliah di luar negeri. Termasuk bagi yang underprivileged. Kuncinya ada pada kemauan, kerja keras, dan konsisten.

Menurutnya, kuliah di luar negeri, bukan untuk gagahan, tetapi benar-benar sebagai jalan untuk meningkatkan kompetensi dan memperdalam disiplin keilmuan yang diminati.

"Ada banyak benefitnya kuliah di luar negeri. Baik itu dari aspek pengalaman, jaringan, kemampuan bahasa, bahkan karir," kata Ahmad seperti dikutip dari laman Unesa, Jumat (29/9/2023).

Berkat kerja kerasnya, Ahmad berhasil diterima di 4 kampus top dunia. Berikut tips dari Ahmad yang bisa dipraktikkan mahasiswa untuk mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri.

1. Persiapan sejak awal kuliah

Dia menyarankan, agar persiapan itu mulai sejak awal perkuliahan. Kamu bisa belajar kemampuan bahasa asing (Inggris) dengan mengikuti kursus dan tes kemampuan bahasa asing secara berkala.

Ini penting dilakukan, mengingat kualifikasi utama beasiswa di luar negeri yaitu kemampuan bahasa asing yang disyaratkan di negara atau kampus tujuan. Dengan persiapan sejak awal, seseorang bisa lebih siap dan mudah meng-apply beasiswa yang dituju.

2. Latihan komunikasi

Tips berikutnya dari Ahmad bagi mahasiswa yang ingin mencari beasiswa untuk kuliah di luar negeri adalah terus melatih diri dalam hal komunikasi dengan aktif dalam berbagai kegiatan di kampus atau organisasi.

Mahasiswa perlu melakukan pengabdian kepada masyarakat serta menjalin relasi yang baik dengan banyak orang juga diperlukan untuk pengembangan diri.

3. Perhatikan syarat beasiswa

Tips selanjutnya dari Ahmad adalah memperhatikan betul syarat dan ketentuan pengajuan beasiswa. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan sesuai ketentuan.

4. Belajar membuat esai

Ahmad menyarankan agar mahasiswa bisa belajar atau berlatih membuat esai yang menarik dan berdampak.

Ahmad menekankan, esai ini penting sekali. Isi dari esai untuk beasiswa biasanya seputar pengalaman atau hal-hal yang sudah dilakukan dan berdampak untuk masyarakat dan negara. Termasuk yang akan dilakukan ke depan.

"Semuanya harus ditulis, peran kita ke depan. Ada caranya. Biar bagus, minta bimbingan dosen atau alumni penerima beasiswa," beber Ahmad.

Tips mendaftar beasiswa ke luar negeri dari Ahmad ini disampaikan di webinar yang diadakan Subdirektorat Layanan Bimbingan Konseling dan Karier, Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Tema yang diambil dalam seminar tersebut adalah ‘Unlocking Scholarship Opportunities Abroad’.

Kasubdit Layanan BK dan Karir, Muhammad Farid Ilhamuddin menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal dan penguatan bagi mahasiswa mengenai peluang beasiswa studi lanjut baik dalam maupun luar negeri.

"Semoga, dari pengalaman dan wawasan pemateri yang mendapat beasiswa kuliah di luar negeri ini menjadi motivasi bagi mahasiswa maupun lulusan dan memudahkan dalam pemanfaatan peluang beasiswa yang ada," harapnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/30/093000571/tips-dapat-beasiswa-ke-luar-negeri-dari-awardee-lpdp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke