Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Masuk Akmil? Ini Minimal Nilai Rapor Selama SMA/MA

KOMPAS.com - Siswa SMA atau MA yang berencana mau masuk Akademi Militer (Akmil), ada persiapan yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang.

Persiapan yang bisa dilakukan sebelum lulus SMA atau MA misalnya mempersiapkan nilai rapor untuk masuk Akmil. 

Nilai rapor yang digunakan mulai dari kelas X atau kelas 10 sampai kelas XII atau 12. Mata pelajaran yang diperhitungkan, berdasarkan penjurusan IPA atau IPS.

Mengapa nilai rapor begitu penting? Sebab pendaftar Akmil yang sangat tinggi maka harus ada sistem seleksi yang ketat. 

Selain itu, karena Akmil merupakan sekolah pendidikan TNI Angkatan Darat dan Sekolah Perwira Prajurit Karier TNI maka dibutuhkan calon prajurit berkualitas. 

Siswa yang lolos Akmil, selama empat tahun mengikuti pendidikan akan dibebaskan dari biaya apapun.

Setelah menempuh studi selama empat tahun, lulusan Akmil akan menjadi perwira TNI AD berpangkat letnan dua sesuai korps/kecabangan masing-masing.

Pendaftaran Akmil setiap tahun dibuka bagi siswa 5 tahun terakhir. Jika rekrutmen dibuka untuk angkatan tahun 2023, maka siswa kelulusan tahun 2022, 2021, 2020, 2019 dan 2018 bisa ikut mendaftar.

Begitu juga saat Akmil tahun anggaran 2024 dibuka maka siswa kelulusan 2019-2023 yang bisa mendaftar.

Jadi untuk persiapan masuk Akmil, ketahui syarat nilai minimal rapor yang ada berdasarkan ketentuan rekrutmen tahun 2023 yang dibuka pada bulan Januari lalu.

Ketentuan pendaftaran Taruna Akmil 2023

Syarat minimal nilai rapor masuk Akmil

Seluruh siswa laki-laki atau perempuan berijazah minimal SMA/MA, harus memenuhi minimal nilai rapor. Namun dalam rekrutmen tahun 2023, bagi kelulusan siswa yang lulus tahun 2018-2020 menggunakan nilai ujian nasional. Berikut ketentuannya:

1. Lulusan SMA/MA tahun 2018, program IPA dan IPS, dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 46,00

2. Lulusan SMA/MA tahun 2019, program IPA/IPS dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 47,50

3. Lulusan SMA/MA tahun 2020, program IPA nilai rata-rata raport semester I sampai dengan VI terdiri dari mata pelajaran:

  • Jurusan IPA: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika minimal 70 dan tidak ada nilai di bawah 60.
  • Jurusan IPS: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi, Sosiologi dan Ekonomi minimal 70 dan tidak ada nilai di bawah 60

4. Lulusan SMA/MA tahun 2021, program IPA dan IPS nilai rata-rata raport dari kelas X s.d. XII terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika minimal 75 dan tidak ada nilai di bawah 65

5. Lulusan SMA/MA tahun 2022, program IPA dan IPS nilai rata-rata raport dari kelas X s.d. XII terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika minimal 75 dan tidak ada nilai di bawah 65

6. Lulusan SMA/MA tahun 2023, program IPA dan IPS nilai rata-rata minimal akan ditentukan kemudian

A. Persyaratan umum masuk Akmil

Selain mengetahui syarat nilai rapor dan nilai ujian, siswa harus mempersiapkan diri dengan persyaratan umum dan khusus seperti ini, berdasarkan rekrutmen tahun anggaran 2023:

1. Warga Negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945.

3. Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 1 Agustus 2023.

4. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia (dilengkapi pada saat calon mengikuti pemeriksaan psikologi).

5. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.

6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

B. Persyaratan Khusus

Demikian informasi syarat minimal nilai rapor buat siswa SMA, MA yang ingin masuk Akmil. Termasuk persyaratan umum yang harus dipenuhi. 

https://www.kompas.com/edu/read/2023/07/30/113605271/mau-masuk-akmil-ini-minimal-nilai-rapor-selama-sma-ma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke