Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UTBK 2023 Gelombang 1 Dimulai 8 Mei, Perhatikan Materi Ujiannya

KOMPAS.com - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (UTBK SNBT) 2023 sudah resmi ditutup, Jumat (14/4/2023) kemarin.

Perlu diketahui, pendaftaran UTBK SNBT 2023 ini berlaku bagi ujian UTBK baik gelombang 1 maupun gelombang 2.

Siswa yang sudah mendaftar UTBK SNBT 2023 nantinya akan mendapatkan jadwal ujian. Apakah akan mengikuti ujian di gelombang 1 maupun gelombang 2.

Sehingga siswa yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur UTBK SNBT 2023 masa pendaftaran sudah ditutup dan tidak diperpanjang lagi.

Materi ujian UTBK SNBT 2023

Calon mahasiswa yang sudah mendaftar UTBK SNBT 2023, ujian gelombang I akan dimulai pada 8 Mei 2023.

Bagi siswa yang sudah mendaftar UTBK SNBT 2023, perlu tahu apa saja materi yang akan diujikan.

Melansir laman SNPMB BPPP Kemendikbud Ristek, Sabtu (15/4/2023) materi tes UTBK SNBT 2023 terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Penalaran Matematika, Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Literasi dalam Bahasa Inggris. Berikut penjelasan singkat mengenai materi UTBK SNBT 2023.

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS adalah tes yang didesain untuk menguji kemampuan berpikir siswa sekolah calon mahasiswa baru, yaitu kemampuan untuk memahami dan bernalar yang diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam pendidikan formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini berkembang melalui proses belajar dan pengalaman-pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah. TPS terdiri dari empat komponen lainnya, yakni:

2. Penalaran Matematika

Berdasarkan dokumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kemendikbud Ristek tahun 2022 mengenai numerasi, penalaran matematika didefinisikan kemampuan individu untuk melakukan penalaran secara matematis yang ditunjukkan dengan kemampuan dalam merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan permasalahan atau informasi yang melibatkan aspek kuantitatif.

Proses yang melibatkan literasi matematika memiliki beberapa elemen pendukung seperti prosedur, fakta, dan alat.

Elemen-elemen ini dipakai untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan memprediksi fenomena di dalam kehidupan sehari-hari. Individu yang memiliki penalaran matematika cenderung akan mampu membuat keputusan yang tepat berdasarkan didasarkan pada penalaran yang sistematis, analitis dan logis.

Ada dua hal yang ditekankan dalam penalaran matematika, yaitu:

  • Penggunaan konsep matematika dalam mengatasi masalah di sebuah konteks
  • Penggunaan pengalaman di dalam kelas untuk mengatasi masalah

Penekanan kemampuan penalaran matematika juga dikaitkan dengan proses kognitif yang terlibat dalam penyelesaian masalah yang dilakukan. Tiga proses kognitif yang dilibatkan tersebut adalah sebagai berikut:

3. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Tes Literasi dalam Bahasa Inggris dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 berfokus pada Literasi Membaca (Reading Literacy).

Yang dimaksudkan dengan literasi membaca adalah kemampuan seseorang memahami, menggunakan, mengevaluasi, merenungkan, dan berinteraksi secara aktif dan berkelanjutan (engage) dengan teks dengan arah untuk mencapai tujuan, mengembangkan pengetahuan dan potensi, serta untuk berpartisipasi dalam masyarakat.

Literasi membaca merupakan suatu proses aktif membangun makna seluruh bacaan berdasarkan interaksi antara pembaca dan teks.

Untuk mengonstruksi makna seluruh bacaan, diperlukan penalaran dan pengetahuan strategi membaca yang efektif. Dalam proses membaca, seorang pembaca (peserta tes SNPMB dalam konteks ini) menggunakan repertoar kompetensi kebahasaan dan strategi kognitif untuk mengonstruksi makna bacaan.

Terdapat dua hal utama yang menjadi tolok ukur keberhasilan seorang pembaca dalam mengonstruksi makna seluruh bacaan, yaitu:

Demikian materi ujian UTBK SNBT 2023 yang perlu dipersiapkan calon mahasiswa. Karena UTBK akan diadakan sebentar lagi, calon mahasiswa harus banyak belajar dan latihan soal agar mendapat nilai bagus dan lolos di PTN impiannya.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/04/15/123756571/utbk-2023-gelombang-1-dimulai-8-mei-perhatikan-materi-ujiannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke