Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa Unair Ini Bagikan Pengalaman Kuliah di Korsel

KOMPAS.com - Berkesempatan kuliah di luar negeri merupakan impian para mahasiswa. Kali ini, mahasiswa Hubungan Internasional Unair, Jayanti Aarnee Baskoro membagikan pengalaman kuliahnya di Hanyang University, Korea Selatan (Korsel).

Jayanti ikut kuliah di Korsel melalui program IISMA (Indonesian International Student Mobility Award).

IISMA adalah program canangan dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang memberikan fasilitas kepada seluruh mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan pengalaman berkuliah di universitas top dunia dan fully-funded.

Aarnee Baskoro yang akrab dipanggil Aarnee menceritakan bahwa dalam program itu memilih dua tujuan universitas, yaitu Korea University dan Hanyang University.

Namun, Aarnee lolos pada pilihan kedua yaitu Hanyang University.

Bagi Aarnee, perlu mempertimbangkan keputusannya dalam pemilihan tujuan universitasnya.

Hal yang menjadikan Aarnee memilih Korea University, yaitu belum berani untuk mengambil universitas di luar Asia dan mata kuliah yang dibutuhkannya berada di Korsel.

Selama kuliah di Hanyang University, dia mengikuti klub mahasiswa lokal yang disediakan oleh Hanyang University untuk para international students.

Aarnee memilih untuk bergabung di SAY.U Student Club. Selama bergabung, banyak aktivitas yang dijalaninya, seperti "chit-chat" dengan mahasiswa lokal, orientasi, dan explore wisata di Korea Selatan.

"Namun, tidak semua klub atau organisasi di sana diikutinya dikarenakan sangat terbatas. Namun, Hanyang University tetap mewadahi dengan klub atau organisasi yang available dengan international students," ucap dia dalam keterangannya dikutip Minggu (22/1/2023).

Tantangan Aarnee selama di Korsel, yaitu bahasa. Karena, dia lolos pada negara yang non berbahasa Inggris, dan di Korea Selatan menggunakan hangul.

Dia belajar bahasa dengan menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Hanyang University yaitu kelas bahasa Korea.

Kelas bahasa Korea dicanangkan karena untuk membantu para mahasiswa internasional mengikuti study club.

Beberapa study club yang tersedia sangat terbatas untuk mahasiswa internasional dan menggunakan bahasa korea.

"Fasilitas ini beneran membantu banget, di minggu kedua hingga ketiga kita dapat membaca sign di jalan, membaca merek pada produk makanan," ujar dia.

Selain terkendala bahasa, Aarnee menghadapi academic struggle, di mana pada saat berkuliah menggunakan full english dan mempelajari mata kuliah di luar jurusannya.

Dia meyakini, dengan tantangan yang dihadapinya dapat diselesaikannya dengan baik, apalagi lingkungan di universitasnya sangat mendukung.

Dia berharap mahasiswa yang ingin mendaftar IISMA untuk well-prepared dengan segala hal yang dibutuhkan selama IISMA.

Selain itu juga terus berlatih wawancara, karena hal tersebut merupakan hal yang paling penting. Mahasiswa juga tidak ragu untuk meminta bantuan alumni IISMA periode sebelumnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/23/102258271/mahasiswa-unair-ini-bagikan-pengalaman-kuliah-di-korsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke