Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jurusan Kuliah yang Biasa Dibutuhkan Industri Pertambangan

KOMPAS.com- Bekerja di industri pertambangan bisa menjadi pilihan para mahasiswa setelah menyelesaikan kuliahnya.

Tak hanya lulusan Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan atau Teknik Geologi saja yang bisa bekerja di industri tambang.

Selain jurusan yang memang berkaitan langsung dengan dunia tambang, lulusan dari jurusan lain juga punya kesempatan bekerja di industri tambang.

Industri pertambangan di Indonesia ada beberapa macam. Mulai dari tambang emas, tambang batubara, tambang nikel, tambang minyak bumi dan sumber daya alam (SDA) lainnya yang terdapat di Indonesia.

Jurusan kuliah yang biasanya dibutuhkan industri tambang

Salah satu faktor bekerja di industri pertambangan sangat diminati karena gaji yang cukup tinggi. Dalam lowongan kerja perusahaan pertambangan, beberapa jurusan kuliah ini selalu dibutuhkan.

Biasanya perusahaan tambang mencari lulusan dari D3, D4 hingga S1. Selain itu, untuk beberapa posisi pekerjaan, perusahaan tambang juga mencari calon karyawan dari lulusan SMA/SMK sederajat.

Selain mencari kandidat profesional atau sudah berpengalaman, perusahaan tambang juga sering mencari lulusan baru atau fresh graduate untuk direkrut sebagai karyawan.

Biasanya perusahaan tambang yang membuka lowongan kerja mempunyai program Fresh Graduate Development Program (FGDP) yang memang khusus bagi lulusan baru untuk melamar.

Kompas.com rangkumkan beberapa jurusan kuliah yang biasanya dibutuhkan oleh industri pertambangan.

Lulusan D3 yang biasanya dibutuhkan industri tambang dari jurusan:

Sedangkan untuk jenjang S1, jurusan yang biasanya dibutuhkan industri pertambangan dalam tiap lowongan kerja yang dibuka antara lain:

Demikian jurusan kuliah yang biasanya dibutuhkan di industri tambang. Jika kamu punya cita-cita bekerja di industri tambang, kamu bisa memilih jurusan yang sudah dijelaskan di atas sebagai pilihan dalam seleksi masuk perguruan tinggi.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/05/144512671/jurusan-kuliah-yang-biasa-dibutuhkan-industri-pertambangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke