Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek 10 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, Referensi Ikut SNPMB 2023

KOMPAS.com - Menjelang pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, mungkin masih ada siswa yang bingung memilih jurusan kuliah.

Memilih jurusan kuliah yang tepat ini sangat penting karena juga berpengaruh pada pekerjaan setelah lulus.

Tentunya siswa juga ingin punya pekerjaan yang menjanjikan bahkan kalau bisa mendapatkan gaji tinggi.

Para calon mahasiswa perlu tahu ada beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan untuk masa depan. Kenapa disebut menjanjikan? Karena lulusan dari jurusan kuliah ini selalu dibutuhkan dan tentu akan mendapatkan penghasilan tiap bulan yang cukup banyak.

Jurusan kuliah yang menjanjikan, referensi ikut SNPMB 2023

Calon mahasiswa, simak 10 jurusan menjanjikan di masa depan yang dirangkum dari laman Quipper.

1. Ilmu Gizi

Salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan adalah ilmu gizi. Di masa kini dan masa depan, pekerjaan dengan latar belakang pendidikan Ilmu Gizi akan semakin dibutuhkan.

Hal ini juga berkaitan akibat gaya hidup yang kurang baik. Serta makin banyak penyakit-penyakit degeneratif yang rawan menyerang manusia seperti diabetes, jantung hingga kanker.

Pekerjaan lulusan Ilmu Gizi bisa membantu seseorang menyusun menu diet terbaik sesuai kondisi kesehatannya atau mengatur kebutuhan gizi atlet profesional sesuai spesialisasinya.

Ahli gizi juga sangat dibutuhkan pada industri makanan di perusahaan-perusahaan. Sebagai lulusan Ilmu Gizi kamu juga bisa menjadi seorang konsultan yang gajinya cukup tinggi.

2. Psikologi

Jurusan kuliah yang menjanjikan berikutnya adalah Psikologi. Saat ini kegiatan konsultasi antara pasien dan psikolog sudah banyak dijembatani oleh teknologi, akan tetapi psikolog tidak akan pernah tergantikan teknologi atau robot. 

Lulusan Psikologi banyak dibutuhkan di perusahaan sebagai personalia maupun Human Resource Development (HRD) yang gajinya cukup tinggi.

3. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan ini juga cukup menjanjikan terlebih di era serba digital seperti sekarang. Mahasiswa yang memilih jurusan ini diharuskan mampu menguasai berbagai software desain. Lulusan DKV banyak dibutuhkan pada bidang periklanan, pembuatan konten dan sebagainya.

Para lulusan DKV biasanya akan bekerja sebagai animator, copywriter, desainer grafis serta desainer untuk produk-produk industri dan sejenisnya. Kalau kamu melihat iklan-iklan bagus di media cetak maupun televisi, itu ada kontribusi lulusan DKV di dalam pembuatannya.

4. Komputer dan Teknik Informatika

Hampir sama dengan Jurusan DKV, Jurusan Komputer dan Teknik Informatika juga makin dibutuhkan di masa depan. Hal ini tak terlepas dari kemajuan teknologi yang terjadi sekarang.

Beberapa tahun ke depan di saat penggunaan komputer dan internet semakin tinggi dalam kehidupan masyarakat maka kebutuhan lulusan jurusan komputer dan TI menjadi sangat besar.

Prospek kerja lulusan Komputer dan Teknik Informatika meliputi programmer komputer, web designer, web developer, programmer, dan masih banyak lagi.

5. Kedokteran

Kedokteran sudah menjadi salah satu jurusan paling favorit sejak zaman dahulu. Keahlian yang dimiliki lulusan Kedokteran akan selalu dibutuhkan manusia. Sehingga Jurusan Kedokteran juga masuk dalam jurusan yang menjanjikan dan bisa jadi pilihan calon mahasiswa di SNPMB 2023.

Semakin majunya teknologi di bidang kedokteran bukan berarti kebutuhan tenaga dokter semakin berkurang atau malah tergantikan oleh teknologi.

6. Teknik Elektro

Salah satu jurusan pada bidang teknik ini juga jadi jurusan yang menjanjikan. Jurusan Teknik Elektro dibagi menjadi dua yaitu Arus Kuat dan Arus Lemah.

Konsentrasi Arus Kuat, lapangan kerja yang tersedia salah satunya sebagai karyawan di PLN yang mengurusi listrik seluruh Indonesia.

Sedangkan Arus Lemah mengurusi sistem kelistrikan dengan arus kecil seperti sensor, peralatan elektronik rumah tangga, komputer, remote, dan sejenisnya.

Lulusan Teknik Elektro bidang Arus Lemah terbuka kesempatan untuk bekerja di pabrik-pabrik elektronika yang jumlahnya cukup banyak di Indonesia.

7. Arsitektur

Ilmu lulusan mahasiswa arsitektur akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Sampai kapan pun kegiatan pembangunan gedung atau rumah akan tetap ada sehingga ilmu lulusan Arsitektur juga akan selalu dibutuhkan. 

8. Sastra Inggris

Di era globalisasi, mahasiswa yang terampil menggunakan bahasa asing khususnya bahasa Inggris akan selalu dicari.

Pilihan pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi lulusan sastra Inggris misalnya penerjemah, dosen, guru privat hingga staf kedutaan.

9. Pariwisata dan perhotelan

Siapa sangka Jurusan Pariwisata dan Perhotelan juga masuk dalam daftar jurusan kuliah yang menjanjikan.

Di masa depan, akan selalu ada orang yang berwisata dan menginap di suatu hotel. Sehingga Jurusan Pariwisata dan Perhotelan bisa dijadikan sebagai pilihan saat daftar di SNPMB 2023 baik jalur SNBP maupun SNBT.

10. Akuntansi

Profesi sebagai akuntan akan selalu dibutuhkan perusahaan sampai kapanpun. Karena secanggih apapun sebuah sistem hanya akan mampu bekerja pada data yang diinput untuk instruksi tertentu. Sementara pekerjaan akuntan bukan hanya sebatas itu, melainkan ada fungsi strategis yang diemban, antara lain budgeting dan performance management.

Demikian 10 jurusan yang menjanjikan. Informasi ini bisa menambah referensi calon mahasiswa yang ingin mendaftar SNPMB 2023.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/06/070700171/cek-10-jurusan-kuliah-yang-menjanjikan-referensi-ikut-snpmb-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke