Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bersama FK-KMK UGM, Perhimpunan Dokter Ortopedi Ratakan Pelayanan Korban Gempa Cianjur

KOMPAS.com - Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) Prof. Ismail meninjau langsung ke lokasi penanganan korban gempa bumi di Cianjur, Minggu (27/11/2022).

Mengawali kegiatan, Prof. Ismail melakukan rapat koordinasi dengan tim bencana PABOI Jawa Barat.

Seusai berkoordinasi, dia melakukan visitasi pasien gempa bumi yang berada di Rumah Sakit Hasan Sadikin didampingi oleh Ketua PABOI Jawa Barat, dr. Dicky Mulyadi dan Koordinator Pelayanan sebagai Tim Management Disaster Orthopaedi RSHS/FKUP.

Selanjutnya Prof. Ismail bersama tim bertolak menuju ke Cianjur bersama tim untuk melihat secara langsung bagaimana pelayanan ortopedi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang dan Rumah Sakit Bhayangkara Cianjur.

Sesampainya di lokasi, Prof. Ismail mengunjungi tenda perawatan korban gempa bumi, didampingi oleh Kepala RS.

Pada kesempatan tersebut, dia memberikan bantuan untuk masyarakat terdampak gempa bumi berupa logistik dan surgical drape disposable.

Bantuan diserahkan melalui tim PABOI Jawa Barat untuk disalurkan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang dan Rumah Sakit Bhayangkara Cianjur.

Di samping itu, dia mengatakan pelayanan ortopedi pasca-gempa harus dikondisikan dengan baik.

"Karena proses pemulihan tindakan spesifikasi trauma terkait bedah dan muskuloskeletal atau ortopedi akan membutuhkan waktu 3 sampai 4 bulan ke depan," ujar dia dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022).

Untuk mendukung pelayanan tersebut, dia berkoordinasi dengan tim pelayanan ortopedi.

Terdiri dari dokter spesialis, dokter residen, dan perawat dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM), Rumah Sakit Akademik UGM, dan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta.

Tim terbagi menjadi 4 yang masing-masing ditempatkan di desa berbeda, yaitu bertugas di Kecamatan Cugenang Desa Sarampad dan Desa Talaga.

Hal tersebut untuk memastikan pemerataan pelayanan ortopedi di wilayah terdampak gempa. Di mana tim tersebut dibawah supervisi dari dr. Yudha Mathan Sakti.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/29/101242971/bersama-fk-kmk-ugm-perhimpunan-dokter-ortopedi-ratakan-pelayanan-korban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke